Anak Gemuk = Anak Sehat?

Posted on Jun 4 2015 - 4:50am by Anton Kasep

Anak Gemuk = Anak Sehat

Salah satu pandangan masyarakat umum yang boleh dibilang salah kaprah adalah saat mereka mengatakan bahwa anak yang gemuk adalah anak yang sehat. Hal ini terutama berlaku untuk anak balita dimana anak yang terlihat gemuk disebut-sebut sebagai anak yang lebih sehat terutama bila dibandingkan dengan anak seusianya yang terlihat kurus.

Pandangan seperti ini tidak selalu benar. Memang benar bahwa anak yang terlihat gemuk terkesan jauh lebih sehat dan lebih lucu. Namun, penampakan atau kondisi fisik seorang anak bayi hendaknya tidak dijadikan patokan atau ukuran dasar dalam menentukan sehat tidaknya anak tersebut. Faktor normal tidaknya tumbuh kembang anak terutama anak bayi dibawah umur lima tahun hendaknya menggunakan standar tertentu berupa kurva perkembangan anak.

Bila seorang anak bayi tumbuh dan berkembang sesuai dengan kurva pertumbuhan mereka, maka ini adalah salah satu indikator bahwa bayi tersebut merupakan bayi yang sehat. Salah satu rumus sederhana yang bisa dipergunakan untuk mengetahui berat badan ideal seorang anak diatas umur 1 tahun adalah rumus 8 + (2 x umur). Sebagai contoh, seorang anak umur 5 tahun maka berat badan idealnya adalah 8 + (2 x 5) yaitu 18 kg. Bila berat badan sang anak sudah lebih dari angka tersebut, maka perlu diwaspadai.

Bila memang sang anak mengalami kelebihan berat badan atau sampai pada taraf obesitas, maka perlu dilakukan tindakan untuk bisa mengurangi berat badan yang berlebih tersebut. Kegemukan pada anak bisa menjadi pemicu munculnnya berbagai penyakit di masa dewasa nanti. Tidak hanya itu, kegemukan pada anak bisa juga menjadi salah satu pertanda bahwa sang anak telah mengidap penyakit tertentu.

Beberapa jenis penyakit yang disebabkan oleh kelainan hormon ataupun gen bisa merupakan salah satu penyebab anak menjadi gemuk. Bila hal ini tidak diatasi sejak dini, maka bukan tidak mungkin bisa menyebabkan masalah kesehatan yang lebih parah. Hal ini dengan jelas menunjukkan bahwa anak yang gemuk tidak selalu berarti anak tersebut adalah anak yang sehat. Perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut akan kondisi sang anak, untuk memastikan bahwa sang anak berada dalam kondisi yang sehat.

Comments

Leave A Response