Anak Susah Makan? Coba Tips Ini, Bunda

Posted on Oct 22 2015 - 10:03pm by Anton Kasep

Anak Susah Makan Coba Tips Ini, Bun

Salah satu masalah balita yang sering membuat para orang tua geleng-geleng kepala adalah rewel dan anak susah makan. Hal ini jangan sampai membuat Anda bingung karena bagaimana pun juga sebenarnya ada kiat praktis yang bisa Anda ikuti untuk membuat bayi lebih tenang dan bisa mulai diajak makan.

Ada beberapa pendekatan yang perlu dilakukan dengan khusus supaya anak mau makan dengan baik. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal yang penting dipersiapkan supaya balita tidak rewel pada saat makan. Simak beberapa kiat berikut ini dan semoga membantu Anda untuk mengatasi anak yang susah untuk makan.

  • Usia 6-9 Bulan Sebaiknya Mulai Dikenalkan Makanan Lembek

Berdasarkan penelitian Bristol University di Inggris, diketahui bahwa menunda mengenalkan makanan-makanan lembek pada bayi seperti sayuran rebus, makanan yang dilembutkan, bisa menjadi penyebab anak susah makan. Kenalkan makanan-makanan ini sejak usia 6-9 bulan sehingga anak tidak rewel pada saat semakin besar.

  • Kenalkan Banyak Makanan

Orang tua perlu mengenalkan beberapa jenis makanan hingga anak benar-benar mau makan. Jangan mudah menyerah dalam mengenalkan makanan tersebut karena memang perlu kesabaran pada saat mengenalkan anak berbagai jenis makanan yang bisa ia santap.

  • Jangan Mengancam dan Buat si Kecil Nyaman

Tetap tenang dan jangan sampai Anda mengancam balita Anda. Ancaman bisa saja membuat si kecil mau makan tetapi ada efek psikologis yang kemudian ia terima sebagai sesuatu yang tidak benar. Anak cenderung bisa semakin rewel atau justru semakin ketakutan. Buat si kecil nyaman dengan tetap pelan-pelan mengenalkan makanan padanya.

  • Jadilah Contoh

Berilah contoh yang baik supaya Anda bisa menjadi role model bagi si kecil. Tunjukkan pada si kecil berbagai macam jenis makanan Anda konsumsi sehingga si kecil juga ikut penasaran dengan makanan yang Anda konsumsi. Pastikan makanan tersebut sehat sehingga Anda bisa membuat anak terstimulasi untuk makan dengan baik.

  • Kenali Penyebab Rewel

Terakhir, kenali apa yang menyebabkan si kecil susah untuk makan. Bisa saja dia rewel tidak mau makan karena nafsu makannya yang turun akibat sakit. Anda perlu memperhatikan hal ini masalah anak susah makan bisa tertangani dengan baik.

Comments

Leave A Response