Awas! Makanan Sehat Ini Rupanya Berbahaya

Posted on Oct 17 2015 - 7:53am by Anton Kasep

Awas! Makanan Sehat Ini Rupanya Berbahaya

Ada banyak jenis makanan sehat yang bila salah diolah atau pun karena asal makanan tersebut yang bisa menyebabkan makanan tersebut menjadi silent killer bagi kita. Pengolahan yang kurang tepat bisa mengubah fungsi dari makanan tersebut menjadi zat yang mungkin justru menjadi sumber masalah bagi tubuh. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang bisa menjadi berbahaya bila kurang tepat pengolahannya.

Saat Anda memasak sayur, jangan memasukkan seledri dalam kuah sup yang sedang dimasak. Seledri diketahui mengandung kandungan bahan nitrit yang bisa dilepaskan pada saat dimasukkan pada kuah yang dimasak. Hal ini tentunya bisa menyebabkan racun pada tubuh. Cara yang aman untuk menggunakan seledri adalah menaburkannya setelah kuah dimasak.

Bahan makanan sehat lain yaitu minyak zaitun. Minyak zaitun memang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Namun demikian, jangan gunakan minyak ini untuk menggoreng steak, telur atau makanan lainnya karena minyak zaitun bisa menjadi racun. Minyak ini bila dipanaskan bisa mengubah zat yang ada di dalamnya menjadi zat karsinogenik yang bisa menyebabkan kanker.

Hati-hati juga pada saat Anda mengolah jamur. Jamur sebenarnya bisa menjadi hidangan yang lezat dan memiliki kandungan gizi yang cukup bagus. Meski demikian, cukup masak satu kali saja dan jangan memanaskan jamur berkali-kali. Jamur yang dipanaskan berkali-kali bisa menjadi beracun bagi tubuh.

Selain jamur, Anda juga harus hati-hati dalam memilih bahan makanan lain seperti kentang. Jangan memasak kentang hijau karena jenis kentang ini memiliki racun yang disebut sebagai solanin. Racun ini bisa menyebabkan muntah-muntah hingga serangan jantung.

Jenis makanan lain yang sering dipakai adalah margarin. Siapa sangka bila margarin juga bisa menjadi bahan yang kurang bagus bagi tubuh. Berhati-hatilah saat menggunakan margarin karena di dalam margarin terdapat banyak senyawa yang tidak sehat. Terdapat bahan kimia industri yang bersifat racun yang disebut heksana pada margarin.

Itulah beberapa jenis bahan makanan yang bisa berbahaya bagi tubuh. Anda bisa mencari referensi lebih banyak mengenai cara pengolahan yang tepat dari bahan-bahan makanan tersebut. Tentunya memilih makanan sehat memang penting untuk menjaga kesehatan keluarga.

Comments

Leave A Response