Bagaimana Agar Anak Menyukai Sayur dan Buah ?

Posted on Jun 11 2015 - 11:26am by Anton Kasep

Bagaimana Agar Anak Menyukai Sayur dan Buah

Makanan sehat adalah sumber nutrisi yang baik bagi perkembangan dan pertumbuhan anak. Buah dan sayuran mengandung banyak nutrisi penting seperti vitamin dan mineral yang bermanfaat menjaga kesehatan secara keseluruhan. Asupan yang cukup membantu anak tumbuh dan berkembang dengan baik, serta memiliki kekebalan tubuh yang optimal sehingga dapat terhindar dari berbagai macam penyakit. Tetapi, bagaimana kalau anak tidak suka dengan sayur dan buah?

Makanan yang paling digemari oleh anak-anak adalah yang berasa manis dan gurih. Tidak heran bila mereka lebih menyukai kue, permen atau cemilan dibandingkan menikmati sajian buah dan sayur segar di jam makannya. Ibu tentu tidak boleh membiarkan hal ini terus berlanjut. Berikut ini adalah tips agar buah hati Anda suka makan sayur dan buah:

  • Berikan contoh dengan meluangkan waktu untuk menikmati aneka sayur dan buah dalam suasana yang menyenangkan bersama anak Anda.
  • Bujuk pelan-pelan dan berikan makanan tersebut secara bertahap. Anda harus sabar dan jangan sampai memarahi atau bahkan menghukum anak sebab itu justru akan membuatnya semakin tidak menyukai sayur dan buah.
  • Siapkan camilan sehat berisi sayur dan buah yang siap makan di tempat-tempat dimana ia senang bersantai. Misalnya meja belajar atau ruang TV.
  • Berkreasilah dalam memasak sayuran sehingga menciptakan menu yang tidak hanya sehat tetapi juga lezat untuk menggugah selera makan anak dan membuatnya selalu ingin makan sayur. Aneka kreasi minuman berbahan buah seperti jus juga bisa menjadi alternatif. Pastikan untuk selalu mengganti menunya agar anak tidak bosan. Anda juga bisa mengajaknya memasak bersama.
  • Kenalkan ia lebih lanjut tentang buah dan sayur serta manfaatnya. Anda bisa sesekali mengajaknya belanja dan memilih sendiri buah atau sayur tersebut.

Pola makan sehat haruslah dikenalkan sejak dini. Ajari anak untuk menyukai buah dan sayur dengan bijak. Anak biasanya tidak suka jika hanya disuruh-suruh apalagi dipaksa dengan nada keras. Akan lebih baik apabila Anda juga bisa mencontohkan kebiasaan baik memakan buah dan sayur sambil menjelaskan manfaatnya.

Comments

Leave A Response