Baikkah Pemberian Empeng Pada Anak?

Posted on Jun 7 2015 - 6:08am by Anton Kasep

Baikkah Pemberian Empeng Pada Anak

Empeng hingga saat ini masih sering digunakan oleh para ibu untuk menenangkan bayi mereka. Padahal, menurut para ahli di bidang pengasuhan anak, tidak semua bayi butuh empeng. Oleh sebab itulah, sangat penting bagi Anda para ibu untuk mengetahui apa saja pro dan kontra penggunaan empeng pada bayi.

Banyak ahli kesehatan anak dan balita yang mengatakan bahwa bayi sebaiknya hanya mengkonsumsi ASI eksklusif tanpa empeng. Namun, bukan berarti empeng tidak boleh dipakai karena pada bayi yang lahir premature atau bayi yang memiliki gangguan perkembangan, empeng bisa sangat membantu.

Inilah pro dan kontra penggunaan empeng pada bayi menurut para ahli:

Pro

  • Penggunaan empeng bisa membantu bayi yang lahir premature untuk melewati masa transisi ke pemberian minum dengan menggunakan botol dari yang semula menggunakan tube. Bayi premature juga bisa dirangsang reflex isapnya dengan menggunakan empeng.
  • Empeng bisa pula digunakan untuk membantu anak atau balita yang mengalami gangguan perkembangan, terutama autism, agar lebih bisa fokus. Menurut ahli, anak yang mengalami gangguan perkembangan pada umumnya juga mengalami masalah saat memproses rangsangan yang diterimanya melalui panca indera. Empeng bisa digunakan untuk membantu mereka untuk pelan – pelan merespon rangsangan. Penggunaan empeng pada anak yang mengalami gangguan perkembangan bisa secara bertahap diganti dengan memberikan rangsangan lain yang terfokus di area mulut seperti minum dengan menggunakan sedotan, memakan buah dan lain sebagainya.

Kontra

  • Bagi bayi yang mengkonsumsi ASI eksklusif, empeng bisa sangat membingungkan karena bentuknya yang mirip dengan puting susu. Banyak kasus menunjukkan bayi kesulitan untuk menyusu dengan benar saat diberikan empeng terlalu dini.
  • Menggunakan empeng dalam jangka waktu terlalu lama bisa mengakibatkan masalah, terutama pada susunan gigi dan gusinya.
  • Beberapa penelitian menunjukkan bahwa penggunaan empeng meningkatkan resiko anak terkena infeksi telinga bagian tengah akibat dari gerakan menghisap yang mengurangi fungsi saluran eustasius untuk bekerja sebagaimana mestinya, yakni menjaga bagian tengah telinga tetap bersih dan terbuka.

Comments

Leave A Response