Benarkah Kejang Demam akan Membuat Anak Bodoh ?

Posted on Jul 1 2015 - 10:51pm by Anton Kasep

Benarkah Kejang Demam akan Membuat Anak Bodoh

Ada banyak mitos yang sering beredar di masyarakat seputar masalah kesehatan keluarga yang sering terjadi. Salah satunya adalah tentang kejang demam yang sering disebut menjadi pemicu kebodohan anak. Bodoh atau pintarnya anak semata-mata tidak disebabkan secara khusus oleh kejadian kejang demam. Demam yang disertai kejang sebenarnya adalah bentuk paling parah akibat dari kondisi penyakit infeksi yang terjadi pada anak (seperti misalnya demam berdarah). Lantas, apakah ada hubungannya antara kejang demam dengan daya nalar pada anak?

Anda mungkin perlu mengetahui bahwa kejang demam adalah kejang yang disebabkan akibat panas tubuh anak berada di atas 38 derajat celsius. Kondisi ini memicu terjadinya kejang pada anak. Umumnya ini terjadi bila demam yang terjadi pada anak tidak tertangani dengan baik. Oleh karena itu, untuk memelihara kesehatan keluarga hendaknya saat anak demam segera diberikan pertolongan dengan memberinya kompres serta asupan cairan yang banyak. Segera bawa ke pusat kesehatan saat demam tidak kunjung turun.

Kondisi kejang tersebut biasanya akan menurun saat demam mulai membaik. Umumnya, kejang akibat demam ini tidak berhubungan dengan daya nalar anak sebab tidak mempengaruhi fungsi otaknya. Orang tua perlu membedakan kejang yang diakibatkan demam dan kejang yang diakibatkan oleh kerusakan saraf otak. Kebanyakan kejadian kejang yang diakibatkan oleh kerusakan saraf otak biasanya akibat kondisi epilepsi. Inilah yang sering kemudian menjadi ambigu penyebab anak daya nalarnya menjadi kurang.

Dari situ maka bisa disimpulkan bahwa kejang demam sama sekali tidak memberikan pengaruh pada tingkat kecerdasan anak. Hendaknya orang tua harus tetap memberikan dukungan penuh pada anak supaya perkembangan mental dan fisiknya bisa berkembang dengan baik. Ini cukup penting sehingga anak Anda bisa tetap cerdas secara emosi mau pun nalarnya. Cerdas atau tidaknya si anak bergantung pada dukungan yang diberikan oleh orang tuanya.

Jadi, itulah sekilas mengenai kejang demam yang sering dianggap sebagai pemicu kebodohan pada anak. Setidaknya sekarang Anda tahu bahwa kejang akibat demam diakibatkan oleh penanganan demam yang tidak tepat. Jangan ragu untuk segera membawa anak untuk mendapatkan pertolongan di pusat kesehatan sehingga demam bisa tertangani dengan baik. Menjaga kesehatan keluarga memang penting supaya setiap anggota di dalamnya bisa tetap terjaga.

Comments

Leave A Response