Cara Aman dan Nyaman Memandikan Bayi Baru Lahir

Posted on Jun 25 2015 - 9:02am by Anton Kasep

Cara Aman dan Nyaman Memandikan Bayi Baru Lahir

Memandikan bayi termasuk serangkaian kegiatan pengasuhan bayi yang perlu dilakukan dengan hati-hati, terutama untuk bayi yang baru lahir. Kulit bayi yang baru lahir berbeda dengan kondisi kulit orang dewasa atau balita lainnya. Biasanya, kondisi bayi yang baru lahir menunjukkan kondisi kulit yang lebih lembut, lebih cepat kering dan masih adanya tali pusar. Dalam kondisi ini, disarankan bayi tidak dimandikan secara langsung seperti biasanya, tetapi harus menggunakan air hangat, handuk atau kain yang bersih, serta sabun bayi yang lembut.

Cara aman dan nyaman yang tepat dilakukan bukanlah dengan mengguyurkan air ke tubuh bayi, tetapi cukup dengan membersihkan bagian-bagian tertentu dengan cara menyekanya. Bagian-bagian tersebut diantaranya yaitu daerah wajah, tangan, kaki, leher, pantat, dan bagian lainnya yang dirasa perlu. Menyeka tubuh bayi harus dilakukan dengan gerakan yang lembut menggunakan bilasan air atau lap basah. Biasanya, bayi yang baru lahir akan merasa tidak nyaman ketika dimandikan dan akan tampak meronta, tetapi jangan khawatir karena hal ini merupakan hal yang wajar.

Beberapa persiapan harus dilakukan dengan tepat agar menciptakan kenyamanan pada saat memandikan bayi. Persiapan ini bisa menunjukkan kematangan Anda dalam pengasuhan bayi. Hal-hal yang harus dipersiapkan yaitu:

  • Siapkan air hangat dan perlengkapan mandi lainnya seperti sabun bayi, kain, dan handuk.
  • Sediakan juga pakaian bersih, popok kain, dan barang-barang lainnya yang akan dipakai bayi setelah mandi.
  • Jika menggunakan bak mandi, pastikan penempatannya di lokasi yang tepat dengan memilih ruangan yang lebih bersih, aman, dan hangat.

Memandikan bayi yang baru lahir memang tidak harus menggunakan bak mandi, karena bisa dilakukan dengan cukup menyeka tubuh bayi dengan handuk atau kain yang dicelupkan pada air hangat. Pada kondisi tali pusar yang masih menempel dapat dilakukan pembersihan dengan menggunakan kapas steril. Kapas tersebut dibasahi menggunakan alkohol 70%, dan pembersihan dapat dilakukan berulang-ulang hingga tampak benar-benar bersih. Setelah dibersihkan, bungkus kembali menggunakan kasa bersih yang steril. Lakukan kegiatan memandikan bayi dengan cermat, sehingga rasa aman dan nyaman dapat muncul dalam pengasuhan bayi.

Comments

Leave A Response