Cara Ampuh Menenangkan Balita Menangis

Posted on Oct 21 2015 - 11:12pm by Anton Kasep

Cara Ampuh Menenangkan Balita Menangis

Bila Anda kebingungan dan kehabisan cara untuk menenangkan balita menangis maka ada baiknya Anda membaca posting kali ini. Melihat tumbuh kembang buah hati sering menjadi hiburan tersendiri. Namun demikian, ada kalanya si kecil tiba-tiba rewel dan sepertinya mudah menangis. Banyak juga yang sering kebingungan untuk menenangkan bayi atau balita menangis seperti ini. Ssh! Jangan marah-marah ke buah hati. Simak kiat berikut ini supaya Anda bisa menenangkan si kecil dengan lebih baik.

  • Gendonglah, Mereka Menyukainya

Saat bayi atau balita Anda menangis, segera gendong lalu tanyakan kenapa menangis. Ungkapan ekspresi dalam kata-kata ini mungkin belum bisa dipahami oleh anak tetapi ini merupakan bentuk pembelajaran pertama bagi si anak untuk mengetahui bahwa Anda peduli dan memahami mengapa si kecil menangis. Gendongan juga bisa menjadi bentuk pelukan yang membuat anak lebih nyaman.

  • Ketahui Apa yang Jadi Penyebab Menangis

Bila buah hati Anda masih usia bayi, maka ketahui apa yang menjadi penyebabnya menangis. Tempelkan jari Anda ke mulut bayi. Bila ia berusaha untuk menggigit, kemungkinan dia lapar. Tengok juga pampers bayi Anda. Siapa tahu ternyata dia tidak nyaman karena BAB atau BAK di pampers.

  • Ayun-ayunkan Buah Hati

Ayun-ayunkan dan timang si kecil untuk menenangkan balita menangis. Gerakan sederhana ini bisa disertai dengan senandung yang menenangkan. Bayi biasanya suka untuk ditimang semacam ini. Tepuk-tepuk punggungnya bila memang bukan BAB atau lapar yang menjadi penyebab ia menangis.

  • Buat Ekspresi Lucu

Bila si kecil masih saja menangis, tidak ada salahnya Anda menggunakan ekspresi wajah dengan bentuk-bentuk yang lucu. Lakukan permainan ciluk ba untuk membuatnya sedikit terhibur dan terdistraksi.

  • Ajak Jalan-jalan

Langkah selanjutnya yaitu dengan mengajaknya berjalan-jalan sebentar. Melihat-lihat situasi di sekeliling juga akan mengalihkan perhatian si kecil karena ia akan penasaran dengan hal-hal yang ada di sekitarnya. Ini cukup bagus untuk membuatnya lebih tenang.

  • Ketahui Apa Kesukaan Buah Hati

Terakhir, ketahui apa yang menjadi kesukaan buah hati. Bila ia suka dengan musik, maka Anda bisa melantunkan senandung atau memainkan alat musik mainannya. Balita memang bisa lebih tenang saat mendapatkan apa yang menjadi kesenangannya. Tentunya cara menenangkan balita menangis bisa Anda coba lakukan.

Comments

Leave A Response