Cara Jitu Menidurkan Bayi

Posted on Jun 10 2015 - 10:45pm by Anton Kasep

Cara Jitu Menidurkan Bayi

Tidur bagi bayi merupakan prioritas utama. Saat tidur, kadar hormon pertumbuhan meningkat dan merangsang pertumbuhan seluruh bagian tubuh termasuk tulang, jaringan dan otak, serta mengatur metabolisme tubuh. Proses tidur juga merangsang meningkatnya sistem imun sehingga buah hati tidak sering sakit. Itulah mengapa jam tidur bayi jauh lebih lama dibandingkan anak-anak yang lebih tua darinya.

Dalam hal pengasuhan bayi, proses menidurkan tidak selalu berjalan mulus. Anak terkadang rewel saat akan ditidurkan. Berikut ini cara yang terbukti ampuh dapat membuat bayi tertidur:

  • Mengayunnya lembut, baik saat berada di gendongan atau menggunakan bounce chair. Gerakan ayunan yang lembut perlahan akan membuat bayi mengantuk dan tertidur.
  • Perdengarkan suara-suara lembut di dekatnya. Anda bisa memutar alunan musik instrumen atau suara alami seperti suara ombak, rintik air hujan atau hembusan angin. Suara yang lembut akan menciptakan suasana yang tenang dan rileks sehingga si kecil mudah mengantuk.
  • Buatkan jadwal tidur bagi si kecil. Hal ini bisa menciptakan pola tidur yang tetap, sehingga ia akan terbiasa mengantuk pada jam-jam yang sudah dijadwalkan.
  • Mengajaknya jalan-jalan dengan kendaraan. Cara ini sering dijadikan alternatif terakhir bagi para orang tua yang tidak berhasil membuat bayinya tertidur dengan hanya gendongan dan musik.
  • Berikan sentuhan relaksasi dengan menepuk bokong dan mengusap punggung bayi. Terkadang orang tua juga ikut mengantuk saat mencoba melakukan hal ini pada bayinya.
  • Bacakan dongeng baik dari buku atau kreasi sendiri dengan hantaran suasana yang sunyi dan suara lembut. Jaga intonasi agar tidak terlalu keras. Putarkan musik alunan lembut atau nyanyikan lagu pengantar tidur untuk membuat si kecil mengantuk.
  • Pura-pura tidur untuk memberi contoh kepada buah hati. Saat bayi kebingungan dengan suasana yang tiba-tiba sunyi, iapun akan mengikuti orang tuanya yang tidur. Hati-hati, Anda bisa sampai benar-benar tertidur dan si kecil justru asik main sendiri.

Orang tua wajib memperhatikan pola tidur bayinya. Sebab momen istirahat ini memiliki manfaat berharga bagi pertumbuhan si kecil. Rata-rata anak-anak tidak mau diajak tidur karena sedang lapar atau haus, bajunya kurang nyaman dipakai, badannya terlalu berkeringat sehingga terasa lengket dan tidak nyaman, serta suasana kamar yang tidak mendukung. Pastikan, sebelum menidurkan si kecil, Anda sudah mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik sehingga suasana serta tempat cukup mendukungnya untuk tidur dengan nyenyak.

Comments

Leave A Response