Cara Memilih Popok Bayi yang Aman dan Nyaman Bagi Bayi

Posted on Jun 25 2015 - 9:06am by Anton Kasep

Cara Memilih Popok Bayi yang Aman dan Nyaman Bagi Bayi

Memilih popok untuk bayi sangat penting untuk kenyamanan balita kesayangan Anda. Hal ini karena popok berhubungan langsung dengan kulit bayi sehingga harus dipilih popok berkualitas yang membuat kesehatan bayi tidak terganggu. Popok yang aman dan nyaman harus dipilih secara teliti dan tidak boleh sembarangan membeli. Sebelum melakukan pemilihan, ada baiknya Anda mengenal dulu jenis-jenis popok yang biasa dipakai bayi, yaitu popok kain dan popok sekali pakai.

Popok kain penggunaannya memang cenderung lebih ribet dan juga susah membersihkannya. Namun, kain lebih mudah menyerap cairan dan aman digunakan karena bukan merupakan bahan berbahaya. Dilain sisi, popok sekali pakai lebih praktis penggunaannya dan saat ini sudah banyak dijual di pasaran. Meski praktis, popok sekali pakai ini harus diperhatikan pemilihannya, baik dari segi bahan yang digunakan hingga kualitas dalam penyerapan cairan. Waspadai popok dari bahan plastik karena bisa mengganggu penguapan sehingga berpengaruh bagi kesehatan kulit balita. Popok juga harus memiliki daya serap yang baik dan nyaman bagi kulit bayi. Ini agar tidak muncul berbagai masalah seperti alergi, jamuran, atau pun iritasi kulit.

Berdasarkan hal itu, popok bayi yang sebaiknya menjadi pilihan para ibu yaitu popok yang kualitas bahan dan daya serapnya bagus. Disarankan untuk menghindari terlalu sering memakai popok yang sekali pakai. Popok jenis ini sebaiknya digunakan ketika bepergian saja atau jika dipakai sehari-hari harus sering dicek dan diganti. Popok jenis sekali pakai ini sering membuat orang tua tidak menyadari bahwa popok sudah penuh dan tidak nyaman lagi bagi bayi. Karena itu, cermatlah dalam pemilihan dan pemasangan popok sehingga si kecil dapat merasa nyaman sepanjang hari.

Setelah memilih popok yang tepat, pastikan Anda juga menguasai cara memasang popok degan benar. Pemakaian yang salah juga dapat membuat fungsi popok tidak optimal dan mengganggu pergerakan bayi. Cara membersihkan popok dan daerah kulit bayi juga harus diperhatikan, sehingga ibu bisa memastikan bahwa kondisi kulit bayi sudah benar-benar bersih dan kering. Dengan begitu, kebersihan dan kesehatan balita akan terjaga sehingga menumbuhkan keceriaan setiap saat.

Comments

Leave A Response