Cara Mengontrol Tekanan Darah Tinggi

Posted on Oct 20 2015 - 9:45pm by Anton Kasep

Cara Mengontrol Tekanan Darah Tinggi

Menjaga kesehatan keluarga bisa dilakukan salah satunya dengan mengontrol tekanan darah. Bila kebetulan ada anggota keluarga yang memiliki tekanan darah tinggi, maka ada beberapa hal yang bisa dilakukan supaya tekanan darah bisa tetap terjaga. Tentunya Anda juga perlu mengenali beberapa gejala dan tanda tekanan darah tinggi.

Tekanan darah tinggi adalah kondisi dimana tekanan yang dihasilkan pada saat jantung berdenyut melebihi dari nilai normal yaitu 120 / 80 mmHg. Angka 120 mmHg menunjukkan nilai tekanan darah pada saat jantung memompa darah (disebut tekanan sistole). Sementara angka 80 mmHg menunjukkan nilai tekanan darah pada saat jantung selesai memompa darah (disebut tekanan diastole).

Tanda paling umum pada saat tekanan darah tinggi adalah rasa pusing disertai perasaan kurang nyaman. Selain itu, tubuh juga terasa lelah dan seperti kurang nyaman dengan kondisi sekitar. Gejala yang lebih parah ditunjukkan dengan perasaan lemas, letih dan bahkan susah untuk bergerak disertai peningkatan frekuensi denyut nadi.

Tekanan darah tinggi yang diabaikan bisa menyebabkan masalah lebih lanjut hingga resiko stroke. Toleransi seseorang terhadap tekanan darah tinggi juga berbeda-beda. Ada yang karena sudah terbiasa tinggi maka orang tersebut tidak akan merasa bermasalah. Namun demikian, resiko ini tidak berhubungan dengan toleransi tersebut sehingga sama-sama berbahaya bila dibiarkan.

Untuk mengontrol tekanan darah tinggi, langkah yang paling bagus dilakukan adalah dengan mengurangi konsumsi garam. Garam diketahui bisa memicu tekanan darah semakin tinggi. Dengan mengurangi makanan yang asin-asin seperti ikan laut asin, asinan dan olahan garam lain, maka tekanan darah bisa terjaga dengan baik.

Selanjutnya yaitu dengan mengkonsumsi buah-buahan segar yang bisa menurunkan tekanan darah. Buah-buahan tersebut biasanya buah-buahan yang mengandung banyak air. Pilih jenis buah seperti melon, semangka dan jambu air. Anda juga bisa mengkonsumsi mentimun untuk menurunkan tekanan darah.

Terakhir, hindari stress dan tidur dengan baik. Stress bisa mempengaruhi tekanan darah menjadi lebih tinggi. Anda juga bisa menjaga pola tidur dengan baik supaya kesehatan tubuh tetap terpelihara dengan optimal. Tidur yang cukup merupakan salah satu cara praktis untuk mengontrol tekanan darah dengan baik.

Comments

Leave A Response