Cara Menyimpan ASI Perah

Posted on Jun 27 2015 - 11:11pm by Anton Kasep

Cara Menyimpan ASI Perah

Dalam pengasuhan anak yang masih menyusui, muncul kendala untuk memberikan ASI secara eksklusif. Kendala ini dapat terjadi salah satunya karena ibu diharuskan kembali bekerja. Rutinitas kerja yang padat mengharuskan ibu menemukan solusi yang tepat untuk tetap memberikan ASI eksklusif untuk buah hati tercinta. Solusi yang bisa ditempuh yaitu dengan mempersiapkan ASI perah .

ASI perah merupakan ASI yang sudah diperas untuk disimpan, sehingga bisa diberikan kepada anak. Persediaan ASI perah ini efektif dilakukan untuk ibu yang mempunyai kesibukan padat di luar rumah. Dengan adanya ASI perah diharapkan bayi tetap mendapatkan sumber nutrisi yang baik untuk menjaga bayi tidak mudah terserang penyakit, memiliki kecerdasan yang bagus, serta mendapati tumbuh kembang yang optimal. Dengan begitu, para ibu yang bekerja tidak perlu merasa bersalah lagi karena tidak dapat menyusui dengan maksimal karena saat ini kendala tersebut dapat diatasi.

Walaupun telah menemukan solusi terbaik dalam pengasuhan anak, tetapi perlu adanya kewaspadaan agar ASI yang disimpan tetap dalam keadaan baik dan tidak berkurang kandungan atau manfaatnya. Karena itu, ibu harus mengetahui cara terbaik untuk menyimpan ASI perah. Cara yang bisa dilakukan yaitu dengan menempatkan ASI pada wadah yang mudah disterilkan dan dapat tertutup dengan rapat.

Bila ASI perah akan diberikan lebih dari 6 jam maka diharuskan untuk disimpan di dalam lemari pendingin. Dalam artian, ASI boleh disimpan di luar lemari pendingin jika akan diberikan segera kepada anak, tetapi tidak lebih dari 3 sampai 4 jam di suhu kamar. Untuk ASI yang disimpan di lemari pendingin untuk diberikan dalam waktu 24 jam usahakan berada pada suhu sekitar 4 derajat dan hindari kondisi ASI menjadi beku. Ini agar kandungan ASI tetap terjaga dan bermanfaat bagi bayi.

Beda halnya ketika ASI perah akan digunakan untuk waktu dalam 1 minggu, penyimpanannya bisa ditempatkan 30 menit di lemari pendingin, lalu dibekukan dengan suhu dibawah -18 derajad, dimana kondisi beku ini akan bertahan sampai 3 atau 6 bulan. Begitulah cara penyimpanan ASI yang tepat berdasarkan waktu penggunaannya sehingga pengasuhan anak tetap optimal dengan pemberian ASI perah yang terjaga kualitasnya.

Comments

Leave A Response