Cara Mudah Memantau Pertumbuhan Anak (dengan Kurva Pertumbuhan)

Posted on Jun 5 2015 - 11:55pm by Anton Kasep

Cara Mudah Memantau Pertumbuhan Anak (dengan Kurva Pertumbuhan)

Setiap orang tua pastinya menginginkan agar anak mereka tumbuh dengan sehat sesuai dengan tingkatan umur sang anak. Untuk bisa memastikan bahwa sang anak tumbuh sesuai dengan tingkatan umurnya, maka perlu dilakukan pemeriksaan secara berkala, yaitu satu bulan sekali di posyandu, puskesmas ataupun di lembaga kesehatan lainnya. Hasil dari pemeriksaan berkala ini akan dibandingkan dengan kurva pertumbuhan yang telah menjadi standar tumbuh kembang anak di Indonesia.

Kurva pertumbuhan merupakan sebuah kurva yang menampilkan data perkembangan anak yang normal. Kurva ini dibuat berdasarkan hasil penelitian selama bertahun-tahun dan melibatkan ribuan anak. Hasil penelitian tersebut memberikan gambaran secara umum mengenai bagaimana kondisi dan tumbuh kembang anak pada setiap tahapan usia, khususnya untuk anak balita dari umur 0 hingga 5 tahun.

Salah satu informasi umum yang sering dipergunakan sebagai patokan dalam penggunaan kurva pertumbuhan adalah mengenai berat badan sang anak. Bila berat badan sang anak masuk dalam rentang berat badan yang normal pada kurva pertumbuhan, maka anak tersebut dianggap tumbuh dengan normal. Namun bila berat badan anak tidak berada dalam rentang yang normal, baik berada dibawah atau berada diatasnya, maka berarti ada masalah dengan berat badan anak tersebut yang perlu segera diatasi.

Secara umum ada 5 kategori berat badan anak berdasarkan kurva pertumbuhan ini yaitu terlalu kurus, berat badan di bawah normal, berat badan normal, kelebihan berat badan dan yang terakhir adalah obesitas. Bila berat badan sang anak berada di bawah normal, maka perlu dilakukan perbaikan gizi untuk meningkatkan berat badan anak. Namun bila berat badannya berada di atas normal atau bahkan sudah obesitas, maka perlu dilakukan intervesi berupa diet dengan makanan sehat dan juga olahraga untuk memastikan agar sang anak tidak mengalami gangguan kesehatan karena berat badannya tersebut.

Menggunakan kurva pertumbuhan adalah cara paling mudah untuk memantau tumbuh kembang anak. Selama sang anak menunjukkan berat badan yang meningkat setiap bulannya, dimana kurvanya akan terus menaik, maka para orang tua bisa merasa lega karena anak mereka tumbuh dengan sehat seperti keinginan dan harapan mereka.

Comments

Leave A Response