Cemilan Tanpa Oven

Posted on Jun 15 2015 - 11:19pm by Anton Kasep

Cemilan Tanpa Oven

Cemilan merupakan salah satu jenis makanan yang biasanya disukai oleh anak-anak. Meskipun disukai oleh anak-anak, sebagian besar cemilan memiliki kandungan lemak dan kalori yang tinggi yang mungkin kurang baik untuk kesehatan. Agar cemilan bisa menjadi sajian makanan sehat yang bisa memberikan manfaat bagi anak-anak, Anda bisa mengkreasikan cemilan dengan menggunakan teknik mengolah makanan tanpa menggunakan oven.

Saat ini, sebagian besar cemilan bisa Anda buat sendiri di rumah. Meski demikian, membuat cemilan biasanya cukup merepotkan dan menghabiskan cukup banyak waktu, terutama bila cemilan yang akan ibu buat adalah kue atau cake yang harus dipanggang di dalam oven. Bila ibu tidak punya banyak waktu, makanan sehat berupa cemilan yang bisa dibuat tanpa menggunakan oven bisa jadi solusi yang tepat. Membuat cemilan tanpa menggunakan oven jelas dapat menghemat waktu dan lebih praktis.

Salah satu jenis cemilan yang bisa ibu buat tanpa menggunakan oven adalah cheesecake. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat makanan sehat berjenis cemilan yang satu ini antara lain adalah biskuit tawar, mentega tawar, selai cokelat, kacang hazelnut atau almond, cream cheese, gula bubuk, serta whip cream. Cheesecake dengan rasa manis ini akan sangat cocok menjadi bekal untuk dibawa anak-anak ke sekolah atau disajikan pada sore hari ketika menghabiskan waktu santai bersama keluarga.

Kue cokelat adalah jenis cemilan lain yang bisa ibu buat tanpa perlu menggunakan oven. Biasanya, untuk membuat kue cokelat memang diperlukan oven yang digunakan untuk memanggang adonan kue. Tapi kini ibu bisa membuat makanan sehat berupa kue cokelat secara lebih praktis tanpa perlu memanggang adonan di dalam oven. Kue cokelat ini akan sangat pas bila disajikan untuk menemani minuman hangat seperti susu atau teh.

Jenis cemilan lain yang bisa ibu buat tanpa menggunakan oven adalah agar-agar atau puding. Selain dapat dibuat dengan praktis, agar-agar dan puding juga dianggap sebagai makanan sehat karena mengandung kadar serat yang cukup tinggi. Kandungan serat yang terdapat pada agar-agar atau puding dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan meningkatkan metabolisme tubuh sehingga tubuh akan terasa lebih segar dan sehat.

Comments

Leave A Response