Demam Tinggi pada Anak. Perlukah Orang Tua Panik ?

Posted on Jun 30 2015 - 4:09pm by Anton Kasep

Demam Tinggi pada Anak. Perlukah Orang Tua Panik

Menjaga kesehatan keluarga memang salah satu hal yang penting untuk dilakukan orang tua. Sebagai orang tua, hendaknya perlu mengetahui beberapa jenis penyakit yang sering menjangkit buah hati. Sakit yang dialami buah hati kebanyakan adalah demam. Manakala buah hati terkena demam tinggi, dimana badan terasa panas, anak lemas dan mungkin sampai mual muntah, orang tua perlu menyikapinya dengan kepala dingin.

Demam yang terjadi pada anak adalah hal yang sering umum terjadi. Penyebabnya bisa bermacam-macam. Sebelum membawanya untuk pergi berobat, ada baiknya melakukan beberapa tindakan pertolongan pertama dengan sigap. Hindari untuk panik sehingga anak justru malah keteteran untuk ditolong. Langkah pertama yang bisa dilakukan oleh orang tua adalah dengan mengukur suhu anak.

Sediakan termometer sehingga Anda bisa mengukur suhu anak dengan baik. Ini adalah salah satu langkah efektif untuk memelihara kesehatan keluarga secara baik. Saat suhu tubuh anak Anda berada lebih dari 37.5 derajat celsius, maka Anda harus segera memberinya kompres hangat. Berikan kompres hangat pada bagian kening dan lipatan-lipatan tubuh anak. Pemberian kompres hangat ini bertujuan untuk merangsang tubuh menurunkan suhu akibat suasana lingkungan yang hangat.

Langkah selanjutnya adalah dengan memberikan asupan cairan sebanyak mungkin pada anak. Umumnya demam tinggi akan disertai dengan perasaan lemas, tidak berdaya serta mual dan muntah. Anda bisa menyikapi hal ini dengan membujuk anak Anda secara halus. Pastikan kotak perlengkapan pertolongan pertama di rumah Anda sudah tersedia obat penurun panas. Ini cukup penting untuk membantu menurunkan suhu tubuh anak.

Langkah terakhir, bila suhu anak tidak kunjung turun, segera cari pertolongan dengan membawanya ke klinik atau pusat kesehatan terdekat. Anda bisa menjelaskan kepada petugas medis yang ada untuk mendapatkan pertolongan. Selalu ingat bahwa Anda tidak perlu panik untuk memberikan pertolongan pada anak. Dengan demikian, Anda bisa memberikan pertolongan pada anak secara efektif dan efisien. Mengatasi demam pada anak memang membutuhkan kesigapan. Demam yang tidak tertangani dengan baik bisa memicu timbulnya masalah. Selamat menjaga kesehatan keluarga Anda dan selalu siaga dengan kondisi buah hati Anda.

Comments

Leave A Response