Hal Penting dalam Hubungan Pernikahan

Posted on Jun 24 2015 - 3:59pm by Anton Kasep

Hal Penting dalam Hubungan Pernikahan

Pernikahan adalah sebuah bahtera kehidupan yang penuh dengan lika-liku sendiri. Setiap pasangan telah menikah pastinya menginginkan agar pernikahan mereka bisa bertahan lama hingga maut memisahkan. Namun, hal ini tidaklah semudah apa yang dibayangkan oleh orang-orang sebelum mereka menikah. Ada banyak permasalahan yang menghadang sepanjang perjalanan dan bisa pasangan tersebut tidak bisa menghadapinya dengan bijak, maka bisa pernikahan tersebut akan berujung pada perpisahan.

Untuk bisa mengarungi bahtera pernikahan dengan sebaik-baiknya, hendaknya setiap pasangan memperhatikan hal-hal penting yang bisa menjamin kelancaran hubungan pernikahan yaitu:

  • Komunikasi

Komunikasi yang efektif antara setiap pasangan merupakan kunci hubungan yang harmonis. Bila komunikasi yang berjalan tidak efektif, maka bisa terjadi salah paham yang berujung pada pertengkaran

  • Hormat-menghormati dan menghargai terhadap pasangan

Rasa saling menghormati dan menghargai terhadap pasangan masing-masing juga merupakan salah satu hal penting dalam pernikahan. Setiap orang ingin dihargai dan juga dihormati atas peranan mereka masing-masing dalam sebuah ikatan pernikahan. Merendahkan pasangan dan tidak menghormati pasangan merupakan hal yang bisa merusak ikatan pernikahan itu sendiri.

  • Komitmen

Pernikahan adalah sebuah komitmen dimana kedua belah pihak berupaya sebaik mungkin untuk bisa mempertahankan pernikahan mereka. Hal ini membutuhkan perhatian dan upaya terus menerus karena hubungan pernikahan yang dibiarkan begitu saja tidak akan bertahan lama

  • Kejujuran

Sikap jujur terhadap pasangan tanpa ada yang ditutup-tutupi akan membuat pasangan menjadi semakin percaya terhadap pasangan mereka dan hal ini akan memberikan dampak positif kepada hubungan suami istri

  • Prinsip yang sama

Sebuah pernikahan hendaknya memiliki dasar atau prinsip yang sama. Hal ini sangat penting untuk menghindari adanya perpecahan di masa yang akan datang. Prinsip hidup yang sama akan memudahkan dalam berbagai aspek berumah tangga misalnya dalam hal pengasuhan anak ataupun dalam hal-hal lain.

Selain menjalankan semua aspek-aspek tersebut, setiap pasangan juga perlu belajar untuk berkompromi dan melakukan penyesuaian terhadap segala hal yang melibatkan pasangan mereka. Ingatlah bahwa pasangan suami istri adalah dua orang yang berbeda satu dengan yang lainnya, namun dengan mengingat hal-hal yang penting dalam hubungan mereka, maka hubungan pernikahan tersebut bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Comments

Leave A Response