Kapan Waktu Tepat Anak Diajari Membaca, Menulis, dan Berhitung ?

Posted on Jun 20 2015 - 3:46am by Anton Kasep

Kapan waktu tepat anak diajari membaca, menulis, dan berhitung

Salah satu kegiatan parenting yang membutuhkan tantangan adalah saat-saat menentukan anak Anda untuk mula belajar membaca, menulis dan berhitung. Tidak jarang memang ada banyak orang tua yang mengajarkan kegiatan ini dari sedini mungkin. Meski demikian, kita perlu memperhatikan bahwa kemampuan anak akan sangat bergantung dari bagaimana perkembangan fisik dan mentalnya. Dengan mengetahui waktu yang tepat untuk si kecil mulai belajar, maka kita bisa dengan lebih efektif mengajarkan pada si kecil untuk waktu yang bisa digunakan untuk mulai belajar.

Mengajari si anak membaca bisa dimulai dari usia tiga tahun. Usia tiga sampai lima tahun diketahui merupakan masa-masa golden period dimana otak sedang mulai berkembang dengan pesat sehingga informasi kepada si anak akan ditangkap dengan cepat. Lakukan kegiatan parenting yang tepat dengan mengajarkan anak untuk mulai latihan membaca. Kenalkan aksara secara pelan-pelan dan tidak terlalu terburu-buru,

Selanjutnya, pada usia empat tahun, Anda bisa mulai mengenalkan anak Anda untuk mulai belajar menulis. Pada usia ini, kemampuan gerakan motorik halus anak harus selalu diasah. Salah satunya adalah dengan mengajarkannya untuk latihan menulis. Awali dengan cara-cara sederhana seperti menggambar dan mewarnai. Lanjutkan pelan-pelan untuk mulai menuliskan aksara sederhana.

Dan untuk latihan berhitung sendiri, Anda bisa mulai mengenalkannya sejak usia empat tahun. Usia ini merupakan tahap yang paling tepat untuk si anak mulai belajar berhitung. Ajari si anak hitung-hitungan sederhana seperti menambah dan mengurangi jumlah buah atau makanan. Mereka akan lebih cepat menyerap informasi bila belajar dengan cara-cara yang menyenangkan.

Kegiatan membaca, menulis dan menghitung untuk anak merupakan kegiatan dasar untuk mereka mulai belajar. Usia tiga hingga lima tahun merupakan periode emas yang bisa digunakan untuk mengajarkan mereka banyak hal. Meski demikian, kemampuan anak tetap berbeda-beda. Pendekatan tertentu tetap harus disesuaikan dengan karakteristik si anak.

Jadi, itulah beberapa kiat untuk mulai mengajarkan anak membaca, menulis dan berhitung. Anda bisa mulai mencari tahu mengenai kiat-kiat dalam membantu mengembangkan kemampuan si anak. Jangan terlalu memaksa mereka untuk mengikuti banyak kegiatan kursus yang sebenarnya belum tentu mereka butuhkan. Kedekatan orang tua dan anak lebih menjadi prioritas supaya perkembangan anak lebih optimal. Tentunya, ini adalah kegiatan parenting yang cukup penting untuk dilakukan.

Comments

Leave A Response