Kapan Waktu Tepat si Kecil Menggosok Gigi?

Posted on Jun 6 2015 - 7:12am by Anton Kasep

Kapan Waktu Tepat si Kecil Menggosok Gigi

Salah satu aspek dalam pengasuhan anak yang tidak boleh dilupakan adalah masalah perawatan mulut dan gigi. Kondisi mulut terutama gigi yang sehat memiliki dampak yang sangat luas bagi kehidupan sang anak. Dari segi estetis, gigi yang terawat baik akan terlihat putih dan bersih, yang pastinya menarik untuk dilihat. Tidak hanya itu, kondisi mulut dan gigi yang baik akan membantu menjaga kesehatan anak secara tidak langsung.

Salah satu cara paling sederhana untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah dengan rajin menggosok gigi. Lalu, bagaimana dengan anak-anak? Kapankah waktu yang tepat untuk mulai mengajarkan mereka untuk menggosok gigi? Kebiasaan untuk menggosok atau membersihkan gigi ini bisa dimulai sejak dini yaitu sejak anak tumbuh gigi pertamanya, yang biasanya terjadi sebelum mereka menginjak usia 1 tahun.

Pada saat awal memulai mengajarkan kebiasaan ini, para orang tua juga tidak harus memulainya dengan menggunakan sikat gigi yang sebenarnya. Bisa juga dengan menggunakan kain kasa bersih yang dipergunakan untuk membersihkan gigi sang bayi. Intinya adalah upaya untuk mengenalkan kepada anak mengenai kebiasaan untuk membersihkan gigi secara teratur.

Saat ini ada banyak produk pasta ataupun sikat gigi yang didesain khusus untuk anak-anak dan juga bayi. Para orang tua bisa memilih sikat dan pasta yang sesuai dengan umur sang anak. Untuk membuat anak menjadi lebih tertarik dengan kegiatan ini para orang tua bisa memilihkan pasta dan sikat gigi yang beraneka warna. Selain itu, ada baiknya para orang tua membiasakan anak untuk menyikat gigi mereka dengan cara mencontohkan secara langsung yaitu dengan mengajak sang anak untuk menyikat gigi bersama-sama.

Waktu yang paling tepat untuk menyikat gigi adalah setelah sarapan di pagi hari dan juga sebelum tidur di malam hari. Kedua waktu tersebut adalah waktu yang paling tepat untuk membersihkan gigi. Selain itu, para orang tua juga bisa mengajarkan anak untuk berkumur dengan air putih setelah ngemil atau makan siang, sehingga kondisi gigi mereka tetap bersih.

Comments

Leave A Response