Kapan Waktu yang Tepat Memulai Hubungan Intim Pasca Melahirkan

Posted on Jun 23 2015 - 3:38pm by Anton Kasep

Kapan Waktu yang Tepat Memulai Hubungan Intim Pasca Melahirkan

Artikel kali ini akan membahas mengenai kesehatan keluarga terutama masalah hubungan intim pasca melahirkan yang seringkali menjadi kebingungan tersendiri bagi keluarga baru. Melahirkan merupakan salah satu fase paling penting dalam berkeluarga. Setelah melahirkan, organ reproduksi wanita akan kembali perlahan-lahan pulih kembali dari luka pasca melahirkan. Beberapa ibu mungkin akan khawatir apakah organ reproduksi mereka sudah kembali seperti sedia kala atau belum. Kekhawatiran tersebut tentunya tentang rasa sakit yang bisa saja sewaktu-waktu muncul saat melakukan hubungan intim.

Waktu yang tepat untuk melakukan hubungan intim pasca keluarga sebenarnya tergantung dari kesiapan masing-masing pihak. Suami mungkin harus mengerti kondisi pasca kehamilan sang istri. Setidaknya dibutuhkan waktu beberapa minggu sebelum akhirnya istri siap untuk melakukan hubungan intim lagi. Ini merupakan kesehatan keluarga yang perlu diperhatikan. Lakukan pendekatan-pendekatan secara intim dan komunikasikan secara teratur sehingga kedua pihak bisa saling mengerti.

Manakala kesiapan masing-masing pihak sudah ada, maka hubungan intim bisa dilakukan kembali. Ingatlah untuk merencanakan program kehamilan dengan matang. Bila Anda akan menunda untuk memiliki momongan selanjutnya, maka ada baiknya Anda langsung menerapkan program KB yang tepat sehingga Anda bisa merencanakan kehamilan dengan baik. Diskusikan hal ini dengan pasangan.

Selama melakukan hubungan intim, beberapa tindakan perlu dipersiapkan juga. Pastikan kenyamanan menjadi prioritas saat melakukan hubungan ini. Istri mungkin akan merasa sedikit nyeri dan cemas akibat pengalaman melahirkan pertama. Tugas suami adalah menenangkan istri dan meyakinkan bahwa semuanya baik-baik saja. Jika diperlukan, gunakan pelumas supaya tidak terlalu menyakiti organ. Pastikan semua berjalan dengan baik dan ada kesempatan untuk saling berdiskusi satu sama lain.

Melakukan hubungan intim pasca melahirkan memang sesuatu yang mungkin membutuhkan waktu. Pengalaman pertama melahirkan bagi sang istri akan menyisakan perasaan cemas tersendiri saat akan melakukan kembali hubungan intim tersebut. Bagaimana pun juga, hubungan intim tetap diperlukan sebagai bagian dari keharmonisan rumah tangga. Selalu diskusikan masalah bersama-sama supaya mendapatkan penyelesaian yang tepat. Dengan demikian, kesehatan keluarga akan terjaga dan selalu menjadi hal yang utama.

Comments

Leave A Response