Kenali Tanda Anemia pada Anak

Posted on Jul 2 2015 - 11:25pm by Anton Kasep

Kenali Tanda Anemia pada Anak

Memelihara kesehatan keluarga adalah salah satu cara supaya kesejahteraan keluarga bisa tetap terjaga. Masalah kesehatan yang seringkali terjadi pada anak salah satunya adalah anemia atau kondisi kurang darah pada anak. Kondisi ini sering membuat anak Anda malas untuk beraktivitas dan tidak seaktif anak pada umumnya. Anda perlu mengetahui tanda-tanda anemia yang terjadi pada anak sehingga Anda bisa memberikannya pertolongan sesegera mungkin. Simak beberapa tanda tersebut berikut ini.

Ciri khas yang paling nampak pada anak adalah anak tidak akan seaktif biasanya. Perubahan ini terjadi akibat kondisi kurang darah pada anak. Anak akan terlihat lebih lesu dan malas untuk melakukan banyak aktivitas. Anda bisa melakukan pengkajian dasar dengan memperhatikan bagian bawah mata anak. Coba turunkan bagian bawah mata dan lihat apakah berwarna pucat atau merah segar. Bila tidak terlalu merah, bisa jadi ini adalah pertanda anak kekurangan darah.

Selain dengan cara di atas, Anda juga bisa memperhatikan lagi pola kebiasaan anak Anda. Anak yang terlihat lesu dan mudah mengantuk bisa jadi merupakan salah satu tanda mengalami anak. Mereka yang makan banyak tapi badan kurus juga bisa menjadi salah satu tanda dari gejala anemia ini. Anemia bisa disebabkan akibat cacingan. Cacingan adalah salah satu masalah kesehatan keluarga yang umum terjadi. Oleh karena itu, menjaga kebersihan hendaknya patut dikenalkan pada si anak sedini mungkin. Kenalkan si kecil tentang kebiasaan baik untuk cuci tangan sebelum makan.

Tanda-tanda lain yang sering dialami anak dengan anemia adalah penurunan konsentrasi. Anak terlihat kurang fokus dalam melakukan sesuatu. Anda perlu waspada bila menemukan tanda-tanda ini. Bisa jadi anak Anda mengalami anemia. Segera konsultasikan dengan dokter anak sehingga Anda bisa mendapatkan penanganan yang tepat untuk masalah yang dialami si kecil. Dengan demikian, maka anak Anda bisa mendapatkan pertolongan yang tepat untuk masalah anemia ini.

Itulah beberapa tanda dari anemia yang bisa terjadi pada anak. Penuhi asupan nutrisi yang baik untuk anak untuk mencegah terjadinya anemia. Anda bisa mulai mengenali tanda-tanda anemia ini untuk pencegahan yang lebih baik. Jaga kesehatan keluarga dengan efektif sehingga keluarga bisa sejahtera selalu.

Comments

Leave A Response