Kunci Sukses Menyusui Bagi Ibu Yang Bekerja

Posted on Jun 29 2015 - 11:02pm by Anton Kasep

Kunci Sukses Menyusui Bagi Ibu Yang Bekerja

Sebagai sumber nutrisi yang terbaik dalam pengasuhan bayi, pemberian ASI harus diberikan dengan eksklusif selama 6 bulan pertama kehidupannya. Pemberian ASI eksklusif ini bertujuan agar bayi memiliki asupan gizi yang cukup, tidak mudah jatuh sakit, memiliki pertumbuhan dan perkembangan yang bagus, serta memiliki ikatan batin yang kuat dengan ibunya. Pemberian ASI ini juga bagus untuk membantu ibu dalam memulihkan kondisi pasca persalinan.

Namun, pemberian ASI secara eksklusif ini mungkin akan mengalami hambatan ketika ibu diharuskan untuk mulai kembali beraktivitas. Ibu yang harus bekerja di luar rumah tentu khawatir akan kondisi bayi yang harusnya mendapatkan ASI untuk kebutuhan nutrisinya. Menanggulangi hal ini, ibu yang bekerja tidak perlu khawatir lagi karena pemberian ASI bisa dilakukan dengan mempersiapkan ASI perah.

ASI perah termasuk cara efektif yang bisa dilakukan untuk menjadi kunci agar ibu tetap sukses menyusui buah hati. ASI perah bisa dipersiapkan ibu sebelum pergi bekerja, dan disimpan dengan baik di pendingin untuk kemudian diberikan kepada buah hati selama Ibu tidak berada bersamanya.

Bagaimana cara memerah ASI dan menyimpannya dengan tepat? Untuk memerah ASI ada beberapa langkah yang bisa ibu lakukan. Pertama, jangan lupa untuk membersihkan tangan dengan mencucinya menggunakan sabun dan air bersih untuk menghindari kotoran atau bakteri. Kedua, ibu bisa mulai merah ASI baik menggunakan tangan atau pun menggunakan alat bantu seperti pompa ASI. Selanjutnya siapkan wadah yang tepat untuk penyipanan ASI. Wadah tersebut harus kokoh, dapat ditutup rapat, dan tidak terbuat dari bahan yang berbahaya. Jika Anda menggunakan botol untuk menyimpan ASI maka biarkan botol terisi maksimal hingga ¾ botol saja. Setelah itu, botol bisa ditutup dengan rapat dan jangan lupa memberi label seperti tanggal dan jam yang menunjukkan waktu memerah ASI. Selanjutnya, ASI bisa disimpan dalam tempat yang sesuai (didinginkan di lemari pendingin bila akan dikonsumsi dalam waktu kurang dari 1 minggu atau dibekukan di freezer agar dapat bertahan 3-6 bulan).

Kunci sukses agar Ibu bisa menghasilkan ASIP (ASI perah) yang cukup adalah dengan sesering mungkin memerah ASI di tempat kerja, setidaknya setiap 3-4 jam sekali. Semakin sering Ibu memerah payudara hingga kosong maka produksi ASI akan dihasilkan lebih banyak sehingga ASI yang diperah dapat memenuhi kebutuhan sang buah hati selama Ibu berada di tempat kerja. Pada saat Ibu sudah berada di rumah, susuilah bayi/ anak secara langsung.

Memerah ASI juga bisa dilakukan di rumah (saat pulang bekerja atau pada waktu libur) untuk memenuhi jumlah stok ASI perahan yang cukup. Perahlah pada saat bayi/anak tertidur. Pemerahan dapat juga dilakukan pada malam atau dini hari. Pada waktu tersebut ASI diproduksi dalam jumlah yang lebih banyak daripada waktu lainnya.

Kunci sukses lainnya agar produksi ASI Ibu bekerja cukup adalah menghindari stres (tekanan). Ibu yang merasa bahagia lahir dan batin menghasilkan ASI yang lebih banyak daripada Ibu yang merasa tertekan.

Semoga Ibu dapat sukses menyusui sang buah hati tercinta hingga masa penyapihan tiba.

Comments

Leave A Response