Membangun Komunikasi Suami dan Istri

Posted on Jun 24 2015 - 3:52pm by Anton Kasep

Membangun Komunikasi Suami dan Istri

Hubungan suami istri yang harmonis ternyata sangat bermanfaat bagi pasangan tersebut  dan juga bagi seluruh anggota keluarga. Ada berbagai macam hal yang bisa ditempuh untuk bisa menciptakan hubungan yang harmonis dan komunikasi yang efektif antara kedua belah pihak adalah salah satu kuncinya.

Komunikasi yang efektif merupakan salah satu kunci langgengnya sebuah rumah tangga. Banyak rumah tangga yang mengalami permasalahan karena adanya permasalahan di dalam komunikasi. Oleh karena itu, penting sekali bagi setiap pasangan untuk bisa berkomunikasi yang benar dan efektif untuk menjaga keharmonisan dan keutuhan rumah tangga.

Ada berbagai cara yang bisa ditempuh untuk membangun komunikasi yang efekftif dan cara-cara ini perlu ditempuh oleh kedua belah pihak, agar bisa memberikan hasil yang diharapkan, yaitu:

  • Hal pertama yang perlu dilakukan oleh kedua belah pihak adalah menyadari mengenai pentingnya komunikasi dan mau untuk belajar berkomunikasi dengan pasangan masing-masing
  • Tidak berasumsi atau menarik kesimpulan tanpa bertanya dan mengumpulkan fakta terlebih dahulu. Tanyakan kepada pasangan mengenai apa yang mereka maksud melalui ucapan dan perbuatan mereka, sehingga tidak terjadi kesalahpahaman.
  • Tidak jujur adalah salah satu hal yang akan merusak hubungan komunikasi diantara setiap pasangan
  • Dengarkan apa yang sedang dikatakan oleh sang pasangan dengan penuh perhatian. Alihkan perhatian sejenak dari TV, koran atau handphone saat sang pasangan sedang berbicara. Hal ini menunjukkan bahwa sang suami atau istri menghargai dan benar-benar mendengarkan apa yang dikatakan oleh pasangan mereka.
  • Menghindari sikap egois dan merasa paling benar sendiri. Tujuan utama berkomunikasi adalah untuk menyampaikan ide, pendapat atau saran terhadap pasangan. Bila sikap egois dan paling benar sendiri selalu dilakukan, maka komunikasi antara pasangan tidak akan berjalan baik dan hanya berjalan satu arah saja.
  • Tidak berbicara dengan jelas atau hanya melalui sindiran. Ada kalanya suami atau istri tidak mau menyampaikan secara langsung inti dari permasalahan yang sedang mereka hadapi dan hanya menggunakan sindiran. Hal ini sangatlah tidak efektif untuk kesehatan keluarga dalam hal ini kesehatan mental kedua belah pihak. Katakan dengan jelas apa yang menjadi pokok permasalahan dengan tenang dan bijaksana.

Comments

Leave A Response