Memilih Sikat Gigi dan Pasta Gigi yang Tepat untuk Bayi dan Anak

Posted on Jun 6 2015 - 11:42pm by Anton Kasep

Memilih Sikat Gigi dan Pasta Gigi yang Tepat untuk Bayi dan Anak

Dalam upaya pengasuhan bayi dan anak, perawatan kesehatan gigi dan mulut menjadi aspek yang tidak boleh dilupakan. Membiasakan anak untuk menyikat gigi dengan benar dan teratur merupakan sebuah kebiasaan baik yang perlu ditanamkan sejak dini. Namun, salah satu pertanyaan yang sering muncul adalah cara memilih sikat gigi serta pasta gigi yang tepat untuk bayi dan anak yang lebih besar. Hal ini sering menjadi pertanyaan karena memang kondisi gigi bayi dan anak yang jauh berbeda dengan kondisi gigi orang dewasa.

Dalam pemilihan sikat gigi untuk bayi dan anak, ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian, salah satunya adalah pemilihan bahan. Pilihlah bahan sikat gigi yang lunak, yang memang dibuat khusus untuk gigi si bayi yang baru saja tumbuh. Pilihlah bahan yang lembut bukan hanya pada bulu sikat gigi namun juga untuk kepala sikat gigi. Saat ini bisa ditemukan sikat gigi khusus bayi dan anak, lengkap dengan rekomendasi umur penggunaan.

Untuk pemilihan pasta gigi, maka khusus untuk anak bayi dibawah 2 tahun lebih dianjurkan untuk tidak menggunakan pasta gigi, melainkan hanya menggunakan air bersih saja. Bayi dibawah 2 tahun pada umumnya belum bisa berkumur dengan baik sehingga ditakutkan bila bahan pasta gigi akan tertelan kedalam mulut.

Sementara untuk anak yang berusia diatas 2 tahun sudah bisa diajarkan untuk menyikat gigi dengan menggunakan pasta gigi khusus balita. Pasta gigi untuk balita memiliki kandungan fluoride yang jauh lebih rendah bila dibandingkan dengan pasta gigi dewasa sehingga jauh lebih aman. Para orang tua hendaknya tetap mendampingi anak saat sedang menyikat gigi bukan hanya untuk mengajarkan kepada mereka cara menyikat gigi yang benar, namun juga untuk menjaga agar bahan pasta tidak tertelan.

Untuk membuat anak menjadi lebih tertarik untuk menyikat gigi mereka dengan baik dan teratur, pilihlah pasta dan sikat gigi dengan warna serta gambar-gambar yang menarik. Ada begitu banyak pilihan pasta dan sikat gigi untuk bayi dan anak yang ada di pasaran saat ini, sehingga para orang tua bisa bebas memilih pilihan yang sesuai dengan selera sang anak.

Comments

Leave A Response