Mencukupi Kebutuhan Gizi Bagi Ibu Hamil

Posted on Jun 8 2015 - 4:49pm by Anton Kasep

Mencukupi Kebutuhan Gizi Bagi Ibu Hamil

Seorang wanita yang sedang mengandung membutuhkan nutrisi yang lebih lengkap dan lebih tinggi dibandingkan wanita yang tidak sedang hamil. Penyebabnya adalah karena wanita hamil bukan hanya harus memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi untuk dirinya saja melainkan juga harus memberikan asupan gizi dan nutrisi untuk janin yang sedang dikandungnya.

Oleh karena itulah, seorang wanita yang sedang hamil harus mengkonsumsi makanan sehat dan angka gizi yang lebih banyak karena jika kurang maka akan sangat beresiko, baik untuk dirinya maupun untuk janin yang sedang dikandungnya. Ada banyak sekali akibat yang terjadi jika nutrisi yang didapatkan oleh seorang wanita hamil kurang, di antaranya bayi lahir premature, bayi lahir cacat dan masih banyak lagi.

  • Asam Folat

Ini adalah nutrisi yang akan membantu mencegah bayi lahir dengan kelainan otak dan tulang belakang. Konsumsi asam folat, menurut para ahli harus dikonsumsi sejak satu bulan sebelum hamil untuk kemudian diteruskan selama trimester pertama. Namun, sangat dianjurkan agar mendapatkan asupan asam folat dari makanan sehat, bukan suplemen. Beberapa jenis makanan yang tinggi asam folat antara lain sayuran berwarna hijau gelap. Jeruk, pisang, tomat, wortel dan sereal.

  • Air putih

Wanita yang sedang hamil mutlak meminum air putih yang cukup setidaknya 10 gelas setiap hari.

  • Protein

Pada saat hamil, seorang wanita butuh 25 mg protein setiap hari yang berarti lebih tinggi dibandingkan kebutuhan normal. Protein sangat penting karena akan membantu menjaga pembentukan sel – sel baru pada janin serta membantu membentuk hormone yang penting. Sumber protein bisa didapatkan dari makanan sehat, di antaranya ikan, susu, telur, daging merah. Protein juga bisa didapat dari biji – bijian, termausk tahu dan tempe.

  • Kalori

Saat kehamilan memasuki trimester kedua, kebutuhan kalori akan meningkat drastis yakni sebanyak 340 kalori per hari. Angka tersebut akan kembali meningkat saat kehamilan memasuki trimester ketiga, yaitu menjadi 450 kalori. Sumber kalori yang baik yang bisa dikonsumsi adalah telur, daging, susu dan produk olahan susu yang bisa dengan mudah ditemukan di pasaran.

  • Lemak esensial

Asam lemak esensial, termasuk Omega-3 dan Omega-6 sangat penting untuk didapatkan oleh ibu hamil. Kedua asam lemak esensial tersebut akan membantu perkembangan otak bayi.

  • Vitamin

Seorang ibu hamil juga membutuhkan vitamin yang lengkap dari makanan yang dia konsumsi setiap hari.

Comments

Leave A Response