Mengenal Penyakit Langganan Anak

Posted on Jun 30 2015 - 4:25pm by Anton Kasep

Mengenal Penyakit Langganan Anak

Orang tua pasti tahu betul bahwa kesehatan keluarga adalah salah satu hal paling penting yang perlu dijaga. Hal ini termasuk penting apalagi jika masih memiliki buah hati yang ada di rumah. Ada banyak jenis penyakit yang mungkin perlu diketahui oleh orang tua berikut pertolongan awal yang bisa dilakukan saat tanda dan gejala sakit tersebut muncul pada anak. Apa sajakah jenis penyakit tersebut? Simak ulasannya berikut ini.

Sakit yang sering menjangkit anak yang pertama adalah batuk. Kebiasaan jajan anak mungkin mulai sekarang harus diperhatikan. Daya tahan tubuh anak yang tidak sekuat orang dewasa membuatnya rentan untuk terpapar oleh agen penyakit batuk. Batuk sebenarnya adalah respon tubuh untuk mengeluarkan sesuatu dari dalam. Tentunya ini berarti bila batuk anak Anda tidak kunjung sembuh, Anda perlu memeriksakannya ke pusat kesehatan terdekat. Sebagai langkah penanganan awal, berikan air minum hangat sesering mungkin dan campuran jeruk nipis bisa membantu melegakan tenggorokannya.

Masalah kesehatan keluarga yang sering dialami anak selanjutnya adalah pilek. Ini juga bisa disebabkan bila anak terpapar dingin atau tertular teman bermainnya. Saat anak Anda pilek, Anda bisa membantunya dengan memberikan perlindungan dingin yang bagus. Obat-obatan decongestan mungkin diperlukan untuk membantu meredakan pilek tersebut. Anda bisa menanyakan hal ini pada dokter anak supaya bisa memberikan obat dengan tepat pada si anak.

Anak juga rentan terkena diare. Jangan sepelekan saat anak terkena diare. Diare yang tidak tertangani dengan baik bisa memicu terjadinya dehidrasi. Dehidrasi yang parah bisa mengancam nyawa si anak. Saat BAB anak cair, Anda perlu waspada jika ini merupakan tanda diare. Berikan cairan yang cukup untuk si anak. Pertolongan pertama yang bisa Anda berikan adalah dengan memberikannya larutan gula garam. Jangan menunda untuk pergi ke pusat kesehatan saat anak benar-benar terkena diare. Di sana akan ada pertolongan yang lebih baik untuk meredakan diare anak.

Yang terakhir adalah masalah radang tenggorok. Saat suara anak mulai serak dan ia tidak nyaman untuk menelan, bisa jadi itu adalah tanda anak terkena peradangan. Berikan anak minum hangat dan periksakan anak untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Langkah ini cukup efektif untuk memelihara kesehatan keluarga Anda.

Comments

Leave A Response