Mimisan, Berbahayakah?

Posted on May 30 2015 - 11:19pm by Anton Kasep

Mimisan, Berbahayakah

Mimisan atau kondisi dimana darah mengalir keluar dari hidung adalah kondisi yang sering terjadi pada beberapa orang. Mimisan bisa terjadi pada siapa saja dan kapanpun juga, bahkan dalam beberapa kasus, hal ini juga bisa terjadi saat seseorang sedang tidur. Pada dasarnya, kondisi seperti ini tidak berbahaya dan tidak mengancam jiwa seseorang, sehingga Anda tidak perlu takut dan khawatir bila hal ini menimpa Anda ataupun anak-anak Anda.

Penyebab dari mimisan itu sendiri sangatlah beragam misalnya saja karena terjadi cedera pada hidung bagian dalam yang disebabkan oleh adanya benda asing atau karena keringnya selaput lendir. Beberapa jenis obat-obatan ternyata juga bisa memacu terjadinya aspirin. Kondisi penyakit-penyakit tertentu juga ditengarai sebagai salah satu penyebab terjadinya mimisan mulai dari adanya tumor di rongga hidung, demam berdarah, hipertensi, perdarahan otak ataupun gagal ginjal.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kondisi mimisan itu sendiri pada umumnya tidak berbahaya. Namun bukan berarti bahwa Anda harus mengabaikan kondisi ini begitu saja. Ada beberapa kondisi dimana mimisan merupakan pertanda adanya gangguan kesehatan yang lebih serius dan membutuhkan perawatan lebih lanjut. Kondisi-kondisi tersebut adalah:

  • Mimisan terjadi pada anak yang sedang mengalami demam tinggi. Bila hal ini disertai dengan kesulitan bernapas pada sang anak, atau saat darah yang keluar sangatlah banyak maka kondisi mimisan ini menjadi berbahaya dan perlu segera diperiksakan ke dokter
  • Jumlah darah yang keluar dari hidung tergolong sangat banyak
  • Mimisan tersebut berlangsung dalam jangka waktu lama, lebih dari 30 menit
  • Kulit berubah menjadi pucat
  • Mimisan sering sekali terjadi, misalnya saja terjadi lebih dari satu kali dalam waktu satu minggu
  • Mimisan disertai dengan terjadinya perdarahan dari bagian tubuh yang lainnya
  • Detak jantung menjadi tidak teratur

Bila memang kondisi-kondisi tersebut terjadi pada Anda atau keluarga ataupun pada orang yang Anda kenal, sangat disarankan untuk segera diperiksakan ke rumah sakit untuk mengetahui penyebab pasti dari mimisan tadi. Mimisan memang tidak berbahaya, namun Anda tetap perlu waspada dalam menjaga kesehatan keluarga Anda dengan cara menggali informasi sebanyak-banyaknya mengenai hal ini.

Comments

Leave A Response