Olahan Sayuran Sehat dan Lezat

Posted on Jun 15 2015 - 10:11pm by Anton Kasep

Olahan Sayuran Sehat dan Lezat

Ada berbagai jenis makanan sehat yang bisa ibu sajikan untuk keluarga. Salah satunya adalah olahan sayuran. Sayuran merupakan salah satu bahan makanan yang dapat memberikan banyak sekali manfaat kesehatan bagi keluarga ibu. Selain mengandung berbagai jenis nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, sayuran juga relatif lebih terjangkau sehingga ibu bisa menyajikan sajian makanan berkualitas tanpa harus mengeluarkan biaya banyak.

Salah satu kelebihan sayuran dibandingkan makanan sehat lainnya adalah kandungan seratnya yang tinggi. Kandungan serat pada sayuran dapat membantu memperlancar pencernaan serta meningkatkan metabolisme tubuh. Selain kaya akan serat, sayuran juga merupakan sumber utama dari berbagai jenis vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Meski mengandung banyak sekali nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, sayuran tergolong sebagai jenis makanan sehat yang kurang diminati, terutama oleh anak-anak. Hal ini mungkin dikarenakan rasa sayuran yang kurang disukai oleh anak-anak. Untuk meningkatkan konsumsi sayuran pada anak-anak, ibu bisa mengolah sayuran menjadi sajian yang lebih menarik dan lezat.

Salah satu jenis sayuran yang bisa ibu olah menjadi sajian makanan sehat untuk keluarga adalah brokoli. Selama ini, brokoli biasanya disajikan dengan cara direbus atau dikukus. Agar anak-anak lebih menyukai jenis sayuran yang satu ini, ibu bisa mencoba menyajikan brokoli dengan cara dipanggang. Brokoli panggang bisa disajikan dengan jamur dan serutan keju untuk menambah cita rasa.

Selain brokoli, jenis sayuran lain yang bisa ibu sajikan sebagai makanan sehat untuk anak-anak adalah lobak. Lobak tak hanya bisa diolah menjadi salad namun juga bisa diolah menjadi sajian yang lebih lezat dengan cara menumis lobak dengan campuran buncis, irisan tomat, potongan daging ayam, dan wortel. Tambahkan juga bawang merah, merica, bawang putih, dan kunyit untuk memperkaya rasa.

Kembang kol juga merupakan salah satu jenis sayuran yang bisa ibu olah menjadi makanan sehat untuk seluruh keluarga. Rasa kembang kol yang sedikit manis tentu akan disukai oleh anak-anak. Untuk menyajikan kembang kol, ibu bisa menumis kembang kol dengan campuran bawang putih cincang, peterseli, daun bawang, dan lada hitam. Sajian sayuran olahan ini cukup mudah dibuat dan kaya akan kandungan nutrisi yang menyehatkan.

Comments

Leave A Response