Perawatan Tali Pusar Pada Bayi Baru Lahir

Posted on Jun 9 2015 - 7:28am by Anton Kasep

 

Perawatan Tali Pusar Pada Bayi Baru Lahir

Tali pusar atau yang dalam bahasa kedokteran disebut umbilical cord berfungsi sebagai jembatan yang menghubungkan plasenta ibu dengan janin. Saat bayi lahir, tali pusar akan segera dipotong dan dibalut dengan kain kasa. Dalam beberapa hari, sekitar 7 hingga 14 hari, tali pusar tersebut akan mengering dan terlepas dengan sendirinya. Agar tidak infeksi, tali pusar bayi harus dirawat dengan baik.

Untuk membersihkan tali pusar bayi, orang tua bisa menggunakan kapas yang dibasahi dengan sedikit alkohol. Jangan sekali kali memakai salep karena kulit bayi yang baru lahir masih sangat sensitif. Pada dasarnya, perawatan yang baik akan membantu penyembuhan menjadi lebih cepat dan menjauhkannya dari resiko infeksi.

Berikut cara perawatan tali pusar menurut para pakar kesehatan keluarga:

  • Mengganti kain kasa

Ganti kain kasa setiap kali bayi selesai dimandikan. Basahi kain kasa terlebih dulu dengan alkohol kemudian lilitkan ke pusar. Dengan diganti secara rutin, maka kain kasa akan tetap kering dan tidak lembab dan menjauhkannya dari resiko infeksi.

  • Saat memandikan, jangan merendam tubuh bayi

Sangat tidak dianjurkan untuk memandikan bayi dengan cara merendam tubuhnya jika tali pusar belum lepas. Untuk memandikannya, orang tua bisa mengusapnya dengan handuk yang dibasahi air hangat. Hal itu akan mencegah tali pusar terkena air.

  • Boleh memakaikan gurita

Bayi diperbolehkan untuk dipakaikan gurita selama tidak terlalu kencang. Hal itu juga sekaligus mencegah agar tali pusar tidak tergesek oleh popok atau baju yang dipakaikan. Menurut para ahli di bidang parenting maupun ahli kesehatan keluarga, pemakaian gurita sangat tidak dianjurkan karena akan dapat mengganggu organ dalam bayi. Namun, ada pula yang berpendapat bahwa tidak masalah memakaikan gurita selama tidak terlalu kencang, dan dalam hal ini tidak mengganggu tali pusar.

  • Bawa ke dokter jika terjadi infeksi

Jika orang tua menemukan tali pusar bayi lembab berkelanjutan, kemerahan dan bahkan mungkin mengeluarkan nanah, sebaiknya segara bawa bayi ke dokter. Hal lain yang juga harus diwaspadai adalah ketika bayi mudah menangis saat tali pusarnya tersentuh.

Comments