Perut Kembung? Atasi Dengan Cara Mengatasi Perut Kembung Ini

Posted on Oct 19 2015 - 10:58pm by Anton Kasep

Perut Kembung Atasi Dengan Cara Mengatasi Perut Kembung Ini

Masalah kesehatan keluarga yang umum sering dialami adalah perut kembung dan seringkali kita bingung dengan cara mengatasi perut kembung yang bisa diterapkan. Salah satu penyebab dari perut kembung adalah akibat pola makan. Bila ada anggota keluarga yang memiliki masalah dengan perut kembung, maka ada baiknya Anda melakukan beberapa cara berikut ini supaya bisa meredakan perut kembung.

Perut yang kembung biasanya memiliki bunyi yang khas saat diketuk-ketuk. Biasanya ini tidak akan menimbulkan perasaan yang tidak nyaman. Namun bila dibiarkan saja, perut kembung bisa semakin parah dan kurang baik untuk kesehatan. Simak beberapa langkah untuk mengatasi perut kembung berikut ini!

Langkah yang pertama untuk cara mengatasi perut kembung yaitu dengan makan secara perlahan. Manakala ada anggota keluarga yang memiliki perut kembung, anjurkan untuk makan dengan pelan-pelan. Makan dengan pelan-pelan bisa menghindari perut terisi lebih banyak udara sehingga cara ini sederhana namun cukup efektif untuk tidak memperburuk kondisi perut kembung.

Selanjutnya, Anda juga bisa menghindari untuk mengkonsumsi minuman soda. Minuman bersoda mengandung berbagai macam gas yang bisa memicu perut semakin terisi oleh udara yang menyebabkan semakin kembung. Ini tentunya kurang bagus dan bisa menambah jelek kondisi perut kembung.

Jangan menyantap makanan yang mengandung gas. Makanan-makanan seperti ini juga bisa ditemukan pada sayuran mentah. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mengkonsumsi makanan yang sudah matang dan bisa meredakan kembung.

Hangatkan perut Anda dengan menggunakan minyak angin. Selain itu, Anda juga bisa meminum teh hangat untuk merangsang supaya perut kembung bisa segera reda. Langkah ini memang cukup praktis dan mudah untuk dilakukan. Jangan terlalu banyak menggunakan minyak angin karena bisa menyebabkan rasa panas berlebihan.

Terakhir, lakukan olahraga atau latihan ringan supaya pergerakan usus bisa dipicu dengan lebih baik. Dengan gerakan usus yang lebih cepat, maka udara penyebab kembung bisa segera dialirkan dengan baik. Tentunya ini merupakan langkah efektif untuk meredakan perut kembung.

Jadi, bagaimana? Cukup mudah bukan untuk mengatasi perut kembung ini. Bila langkah-langkah tersebut sudah dilakukan tetapi belum memberikan hasil yang optimal, ada baiknya Anda memeriksakan diri ke klinik dokter terdekat. Semoga kiat mengenai cara mengatasi perut kembung ini berguna dan selamat mencoba.

Comments

Leave A Response