Resiko Pada Kehamilan Kembar

Posted on Jun 7 2015 - 6:37am by Anton Kasep

Resiko Pada Kehamilan Kembar

Banyak wanita yang sedang mengandung atau hamil merasa sangat gembira saat mengetahui bahwa janin yang dikandungnya kembar. Padahal, menurut para pakar kesehatan keluarga selain berisi dua janin di dalam rahim, kehamilan kembar ternyata juga mengandung resiko yang lebih tinggi dibandingkan dengan kehamilan dengan satu janin.

Berikut adalah beberapa resiko yang terjadi pada kehamilan kembar, baik untuk bayi maupun calon ibu:

  • Kelahiran premature

Ini adalah hal yang paling banyak ditemukan pada kehamilan kembar. Kelahiran premature memiliki akibat yang bisa bermacam – macam, satu di antaranya adalah belum sempurnanya pertumbuhan organ dalam bayi.

Bagi calon ibu yang mengandung anak kembar, sangat dianjurkan agar memilih dokter kandungan yang memang benar – benar bisa diandalkan. Konsultasikan kepada dokter spesialis kandungan Anda mengenai penyebab setiap gejala yang timbul baik pada janin ataupun tubuh Anda. bayi yang lahir secara premature bisa disebabkan oleh banyak sekali faktor, satu di antaranya adalah karena stress yang dialami oleh calon itu. Oleh sebab itu, jauhkan diri Anda dari stress, nikmatilah kehamilan Anda dan saat ada sesuatu yang sekiranya tidak benar, segera saja konsultasikan ke dokter kandungan Anda.

  • Mengalami diabetes saat kehamilan terjadi

Menurut pakar kesehatan keluarga seorang wanita yang sedang mengandung anak kembar memiliki resiko yang lebih tinggi untuk terkena serangan diabetes dibandingkan dengan wanita yang mengandung satu janin. Resiko terjadinya gestational diabetes sendiri diakibatkan oleh peningkatan produksi hormone tertentu yang kemudian mempengaruhi kemampuan tubuh calon ibu untuk memproduksi hormone insulin. Dokter biasanya akan memberikan arahan agar calon ibu mengatur diet.

  • Masalah plasenta

Pada kehamilan kembar, placenta premio dan placenta abruptio adalah dua masalah placenta yang sering terjadi. kedua masalah tersebut diketahui dapat mengakibatkan terjadinya pendarahan. Namun, resiko bisa dicegah apabila ibu melakukan control secara rutin.

  • Masalah jantung

Sebuah penelitian menemukan fakta bahwa wanita yang hamil anak kembar memiliki resiko untuk terkena serangan jantung 4 kali lebih tinggi dibandingkan wanita yang hanya mengandung satu janin. Sebagian besar, kasus tersebut terjadi karena calon ibu mengalami stress yang berkepanjangan.

Comments

Leave A Response