Tips Memilih Mainan Edukatif

Posted on Jun 22 2015 - 4:24pm by Anton Kasep

Tips Memilih Mainan Edukatif

Memiliki balita memang salah satu tantangan tersendiri terutama dalam menunjang perkembangan mental dan fisiknya. Usia di bawah lima tahun merupakan masa-masa paling penting untuk membangun karakteristik anak. Perkembangan yang paling jelas untuk usia ini merupakan kemampuan dari perkembangan mental dan fisik yang harus didukung dengan baik. Masa-masa ini merupakan masa yang paling banyak akan dihabiskan anak untuk bermain. Maka dari itu, memberikan mainan untuk anak juga penting untuk diperhatikan. Unsur edukasi bisa dilesapkan sebagai bagian dari menunjang pertumbuhan anak yang baik.

Anda bisa memilih jenis mainan yang mengandung unsur pembelajaran. Pilihlah mainan yang memberi kesempatan balita untuk mulai belajar mengenal hitungan, aksara dan tulisan. Sebagai contoh, Anda bisa mulai mengajarkan anak untuk mulai mengenal warna dengan memberi mereka krayon pewarna. Latih anak untuk mengidentifikasi warna dan bentuk benda sehingga anak bisa belajar dengan menyenangkan mengenal warna.

Selanjutnya, Anda juga bisa memberikan petak-petak aksara. Dengan cara ini, Anda akan mengenalkan anak Anda angka dan huruf yang bisa dipelajari dengan mudah. Buat permainan-permainan seru yang tentunya bisa membuat anak semakin tergerak untuk latihan membaca dan berhitung. Ini bisa dengan mudah Anda lakukan menggunakan mainan-mainan yang cukup banyak tersedia untuk menunjang kebutuhan bermain mereka.

Ada baiknya Anda menghindari untuk memberikan gadget untuk si anak. Mainan berupa gadget kurang interaktif dan kurang memberikan gerakan motorik yang bagus untuk si anak. Anak Anda membutuhkan permainan interaktif dan sosial, dimana pendampingan tetap dibutuhkan supaya anak bisa berkembang dengan baik. Memang, gadget adalah bentuk praktis yang menyediakan banyak sekali jenis permainan lucu. Meski demikian, gadget cenderung membuat anak Anda malas untuk beraktivitas.

Memilih mainan memang bukan perkara yang gampang. Anda harus bisa bijak memberikan mainan pada si anak sehingga mereka juga bisa tetap belajar menggunakan mainan-mainan tersebut. Jangan lupa pula untuk selalu mendampingi mereka selama bermain. Hal ini diperlukan supaya balita bisa berkembang dengan optimal baik secara fisik atau pun mental.

Comments

Leave A Response