Tips Memilih Pakaian Bayi dan Anak

Posted on Jun 26 2015 - 9:16am by Anton Kasep

Tips Memilih Pakaian Bayi dan Anak

Pakaian yang dikenakan anak harus aman dan nyaman, terutama untuk balita yang kondisi kulitnya masih sensitif. Pada kondisi ini, kulit bayi atau anak Anda masih halus dan mudah mengalami iritasi. Apalagi pada beberapa anak ada kemungkinan munculnya alergi, sehingga pemilihan pakaian harus benar-benar diperhatikan. Hal-hal penting yang harus diperhatikan yaitu bahan atau material yang digunakan, tekstur, ukuran, desain dan aksesoris yang digunakan. Pemilihan yang tepat tentunya akan membuat bayi lebih nyaman dan tampak tampil dengan gaya sempurna.

Pertama, dari segi bahan dan tekstur pakaian haruslah berkualitas dan terasa lembut. Ini karena kondisi kulit balita yang halus, sehingga tekstur yang kasar dikhawatirkan akan menyebabkan iritasi akibat pergesekan dengan kulit. Kualitas bahan juga harus dikenali, apakah aman bagi kulit dan terasa sejuk dipakai. Gunakan bahan katun atau kombinasi katun dengan bahan lain yang dapat menyerap keringat. Bahan yang panas akan membuat anak merasa gerah dan tidak nyaman.  Begitu juga dengan bahan yang tidak aman karena terbuat dari material berbahaya, bisa menimbulkan alergi, gangguan penyakit lain, dan risiko lainnya. Beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain memastikan kancing pada pakaian terjahit kuat atau kalau perlu dijahit ulang agar tidak mudah lepas dan berisiko tertelan anak, pakaian tidak mengandung bahan metal yang runcing atau tajam (jika ada sebaiknya dilepas), label merek pakaian tidak kasar di kulit (jika kasar sebaiknya dilepas).

Selanjutnya, ukuran pakaian juga perlu disesuaikan dengan tubuh si kecil. Pasalnya, ukuran yang tidak pas tidak akan nyaman dipakai. Ketidaksesuaian juga akan membuat anak tidak dapat bergerak bebas. Selain itu, ukuran yang tidak sesuai ini juga tidak enak dipandang. Tentunya Anda ingin si buah hati tampak menarik dan imut dengan baju yang dipakainya. Karena itu, pilihlah ukuran yang sesuai dan dan membuat anak dapat bergerak bebas.

Terakhir, pastikan desain pakaian yang digunakan cocok untuk kondisi cuaca dan acara yang dikunjungi. Ketika cuaca dingin tentunya Anda wajib menyediakan pakaian yang tebal dan hangat untuk si kecil. Begitu juga sebaliknya, pakaian yang sejuk dan nyaman juga harus tersedia untuk cuaca yang panas. Selanjutnya tinggal menyesuaikan gaya yang tepat, dapat pula dengan menambahkan aksesoris yang sesuai. Yang terpenting, pastikan pakaian dapat mendukung sirkulasi udara yang baik, dapat menyerap keringat, dan berbahan lembut sehingga dapat menyempurnakan kenyamanan balita sehari-hari.

Comments

Leave A Response