Tips Memilih Sekolah yang Baik untuk Anak

Posted on Jun 20 2015 - 3:55am by Anton Kasep

Tips Memilih Sekolah yang Baik untuk Anak

Jadi, balita Anda sudah menginjak pada usia dimana mereka harus mengenal lingkungan sekitar. Menyekolahkan anak merupakan salah satu tantangan tersendiri. Anda harus pintar dalam memilih sekolah supaya kualitas pendidikan anak Anda bisa terjamin. Lokasi sekolah juga harus menjadi pertimbangan. Lokasi yang terlalu jauh dari rumah akan menyulitkan si anak untuk bisa belajar berangkat sekolah sendiri. Oleh karena itu, ada beberapa pertimbangan yang bisa Anda lakukan untuk memilih sekolah yang tepat untuk si anak.

Yang pertama, pilihlah sekolah balita dengan tujuan utama mengenalkan pembelajaran dasar untuk si anak. Usia di bawah lima tahun adalah masa-masa anak untuk lebih banyak bermain ketimbang belajar hal serius. Dalam hal ini, Anda bisa memilih sekolahan dengan banyak teman sebaya untuk si buah hati. Pendekatan belajar dengan bermain bisa menjadi salah satu indikator sekolah akan lebih banyak memberi kesempatan anak untuk berkembang sesuai dengan usianya.

Selanjutnya, pilih sekolah yang mudah dijangkau dari rumah. Lokasi sekolah yang terlalu jauh bisa membuat si anak merasa jauh dari rumah. Lokasi yang dekat dengan rumah juga bisa memberikan kesempatan si anak untuk belajar mandiri berangkat tanpa didampingi oleh orang tua. Meski demikian, ada baiknya Anda tetap mengawasi anak Anda selama di lingkungan belajarnya.

Sekolah yang baik tidak dilihat dari mahalnya fasilitas yang ada. Kurikulum yang tepat untuk pengembangan si anak lebih dibutuhkan. Anda bisa ikut terlibat aktif dalam mengawasi apa saja yang diajarkan sekolah kepada anak Anda. Dengan demikian, Anda bisa mendukung perkembangan buah hati dengan optimal. Bagaimana pun juga, sekolah adalah media untuk mengembangkan diri si buah hati. Berhasil atau tidaknya sekolah, tetap harus didukung oleh keterlibatan orang tua.

Demikian beberapa kiat praktis dalam memilih sekolah untuk buah hati Anda. Mereka memerlukan ruang untuk mulai mengenal lingkungan dan teman sebaya mereka. Dengan menyekolahkan mereka, maka kesempatan untuk semakin mengembangkan diri akan terbuka luas. Pilihlah sekolah dengan berbagai macam pendekatan yang mampu mengembangkan diri anak dengan lebih optimal. Tentunya balita Anda akan membutuhkan tempat belajar yang menyenangkan dan tetap memberi mereka kesempatan untuk bermain.

Comments

Leave A Response