Tips Memperbanyak Produksi ASI

Posted on Jun 27 2015 - 10:22pm by Anton Kasep

Tips Memperbanyak Produksi ASI

Produksi ASI sebenarnya bisa diperbanyak secara alami, termasuk dengan mengkonsumsi makanan sehat secara seimbang. Hal ini karena salah satu penyebab ASI susah keluar adalah karena asupan gizi yang tidak terpenuhi di dalam tubuh ibu. Untuk itu, bagi Anda yang mengalami permasalahan susahnya ASI keluar ketika menyusui buah hati, maka perlu melakukan pengecekan apakah makanan yang dikomsumsi sudah sehat dan memenuhi gizi yang dibutuhkan. Mengkonsumsi sejenis makanan tertentu yang dapat meningkatkan produksi ASI harus dilakukan agar ibu dapat menyusui bayi secara maksimal.

Pentingnya meningkatkan produksi ASI tidak terlepas dari peran ASI yang sangat baik bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi. Pemberian ASI secara eksklusif tak hanya baik untuk kesehatan bayi, tetapi juga akan membuat ikatan yang kuat antara ibu dan anak. Selain itu ibu yang menyusui juga mendapatkan sejumlah manfaat seperti membantu menghindari kanker payudara dan sejumlah penyakit berbahaya lainnya. Oleh karena itu, para ibu harus mulai meningkatkan kesadaran untuk memberikan ASI terbaik, dan melakukan upaya meningkatkan produksi ASI salah satunya dengan makanan sehat.

Makanan yang dapat membantu produksi ASI yang meningkat sebenarnya tidak susah dicari karena dapat ditemui di sekitar kita. Beberapa makanan yang dapat dipilih yaitu seperti pepaya, pare, bayam, daun katuk, ubi jalar, kacang-kacangan, dan wortel. Makanan tersebut tentu tidak asing lagi bagi Anda karena diantaranya sudah sering dikonsumsi sebagai buahan dan sayuran sehari-hari. Beberapa tanaman lokal juga dikenal dapat memperbanyak ASI bila dikonsumsi, seperti daun bangun-bangun yang banyak digunakan oleh penduduk di Medan, kembang honje atau kecombrang yang digunakan untuk memasak megono, dan biji wijen hitam.

Daun Bangun-Bangun (nama latin: Coleus Amboinicus Lour)

Kembang honje/ kecombrang/ kantan/ kincung

Selain itu, sup daging juga dikenal sebagai makanan yang bagus untuk ibu menyusui. Selanjutnya, konsumsi air putih dengan jumlah yang cukup juga diperlukan untuk membantu kekurangan cairan pada tubuh serta dapat memperlancar produksi ASI.

Itulah tips untuk memperbanyak jumlah ASI dengan pemilihan makanan yang sehat. Dengan mengenal makanan ini diharapkan para ibu yang menyusui bisa mengkonsumsinya untuk meningkatkan produksi ASI. Selain mengenal makanan yang bagus untuk ibu menyusui, sebaiknya kenali juga langkah-langkah alami lainnya yang dapat memperlancar kegiatan menyusui. Lakukan juga pijat laktasi yaitu pemijatan pada payudara agar sirkulasi darah di jaringan payudara lancar dan diakhiri dengan pijat pada area punggung sepanjang garis tulang belakang untuk merangsang hormon yang berperan dalam meningkatkan produksi ASI. Hindari pula stres yang dapat menurunkan hormon tersebut. Ibu harus merasa bahagia dan santai pada masa menyusui agar ASI bisa lebih banyak dan lancar. Disitulah peran penting suami dan juga anggota keluarga lainnya dalam mendukung keberhasilan menyusui.

Comments

Leave A Response