Tips Menurunkan Berat Badan Secara Cepat Bagi Wanita Pasca Melahirkan

Posted on Jun 13 2015 - 5:23am by Anton Kasep

Tips Menurunkan Berat Badan Secara Cepat Bagi Wanita Pasca Melahirkan

Salah satu hal yang perlu dilakukan oleh ibu pasca melahirkan adalah mengembalikan kondisi tubuh ke bentuk ideal. Ibu yang baru saja memiliki balita biasanya mengalami kenaikan berat badan dan bentuk tubuh menjadi kurang proporsional, terutama pada bagian perut. Untuk mengembalikan bentuk tubuh ideal, ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh ibu pasca melahirkan.

Kenaikan berat badan pasca melahirkan merupakan suatu kondisi wajar yang dialami oleh para ibu. Di lain pihak, ibu tentu ingin memiliki porsi tubuh yang ideal seperti sebelum kehamilan. Meski demikian, ibu yang baru saja memiliki balita tidak boleh gegabah dalam mengembalikan kondisi tubuh ke bentuk ideal karena pasca melahirkan kondisi ibu sedang berada dalam tahap pemulihan. Pemberian ASI pada si kecil juga merupakan alasan lain yang perlu diperhatikan oleh ibu sebelum melakukan program penurunan berat badan.

Waktu yang tepat untuk memulai program penurunan berat badan pasca melahirkan adalah sekitar enam sampai delapan minggu pasca melahirkan. Ibu yang baru saja memiliki balita juga sebaiknya berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum memulai program penurunan berat badan sehingga dapat memperoleh hasil yang lebih maksimal. Dalam menjalankan program penurunan berat badan pasca melahirkan, ibu harus memastikan bahwa kebutuhan nutrisi ibu terpenuhi dengan baik sehingga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil melalui ASI dengan baik pula.

Untuk memastikan kebutuhan nutrisi balita dapat terpenuhi dengan baik, hal pertama yang sebaiknya dilakukan oleh ibu pasca melahirkan adalah menghindari diet. Diet memang dapat membantu menurunkan berat badan pasca melahirkan namun juga dapat berakibat menurunnya kandungan nutrisi dalam ASI. Yang sebaiknya Anda lakukan adalah menghindari camilan tinggi kalori seperti keripik, snack, dan kue kering lalu menggantinya dengan camilan sehat seperti apel, wortel, atau biskuit gandum.

Ibu yang baru saja memiliki balita juga dapat menurunkan berat badan pasca melahirkan dengan memperbanyak konsumsi makanan kaya serat seperti sayur serta buah-buahan segar. Beberapa jenis ikan seperti tuna, sarden, dan salmon juga termasuk jenis makanan yang dianjurkan bagi ibu yang menjalankan program penurunan berat badan pasca melahirkan karena jenis-jenis ikan tersebut kaya akan omega 3, DHA, dan asam lemak esensial yang dapat membantu perkembangan otak si kecil. Selain ikan, jenis makanan lain yang dianjurkan bagi ibu yang menjalankan program penurunan berat badan pasca melahirkan adalah daging tanpa lemak, susu, yoghurt, daging ayam, dan kacang-kacangan.

Comments

Leave A Response