Waktu dan Jenis Olah Raga yang Tepat Bagi Wanita Pasca Melahirkan

Posted on Jun 13 2015 - 5:10am by Anton Kasep

Waktu dan Jenis Olah Raga yang Tepat Bagi Wanita Pasca Melahirkan

Memiliki balita mungkin merupakan salah satu hal yang paling berharga bagi seorang ibu. Ada berbagai hal yang sebaiknya diperhatikan oleh ibu setelah melahirkan. Salah satu hal yang sebaiknya diperhatikan oleh ibu pasca melahirkan adalah bagaimana caranya mengembalikan berat badan ke kisaran ideal. Untuk mengembalikan berat badan pasca melahirkan, salah satu cara yang paling efektif adalah dengan melakukan kegiatan olah raga secara teratur.

Salah satu masalah yang umum dialami oleh para ibu setelah melahirkan adalah berat badan yang naik serta bentuk tubuh yang kurang proporsional. Kondisi ini tentu dapat diatasi dengan diet serta melakukan kegiatan olah raga. Meski demikian, ibu yang baru saja memiliki balita harus memilih jenis olah raga yang tepat karena pasca melahirkan kondisi ibu sedang berada dalam tahap pemulihan. Oleh karena itu, penting sekali bagi ibu untuk memilih jenis olah raga yang dapat memberikan hasil optimal tanpa membahayakan kondisi kesehatan ibu secara keseluruhan.

Selain memilih jenis olah raga yang tepat, ibu juga harus memperhatikan waktu serta durasi dalam melaksanakan kegiatan olah raga. Waktu pelaksanaan kegiatan olah raga penting diperhatikan agar ibu dapat memperoleh hasil yang maksimal. Selain itu, waktu pelaksanaan olah raga juga sebaiknya disesuaikan dengan kegiatan ibu sehingga ibu yang memiliki balita dapat berolahraga tanpa mengabaikan waktu yang dibutuhkan untuk bersama buah hati.

Ada beberapa jenis olah raga yang dianjurkan untuk ibu pasca melahirkan. Salah satu jenis olah raga yang bisa dilakukan oleh ibu yang sudah memiliki balita adalah berjalan kaki. Aktivitas olah raga yang satu ini tergolong ringan dan dapat dilakukan oleh ibu di sela-sela kegiatan sehari-hari. Ibu dapat berjalan-jalan di sekeliling rumah pada pagi hari atau sore hari.

Selain berjalan kaki, jenis olah raga lain yang dianjurkan untuk ibu pasca melahirkan adalah bersepeda statis. Jenis olah raga yang satu ini merupakan olah raga tingkat lanjutan yang bisa dilakukan oleh ibu ketika balita sudah menginjak usia di atas tiga atau empat bulan. Bersepeda statis terbukti efektif dalam membantu membakar timbunan lemak di sekitar perut sehabis melahirkan.

Yoga juga termasuk salah satu jenis olah raga yang bisa dilakukan oleh ibu pasca melahirkan. Yoga tidak hanya bermanfaat dalam membantu mengatasi kelebihan lemak sehabis melahirkan namun juga dapat membantu mengatasi stress dan trauma pasca melahirkan. Dengan melakukan yoga, ibu akan merasa lebih tenang dalam merawat balita serta melakukan aktivitas sehari-hari di rumah.

Comments

Leave A Response